Fit dan Aktif Selama Ramadan

Saat menjalan ibadah puasa, kondisi tubuh kita akan mengalami lemas dan lesu terutama di siang hari. Apalagi berpuasa di tengah aktivitas yang padat, pastinya akan menguras tenaga dan fikiran.

Namun hal tersebut jangan dijadikan alasan untuk bermalas-malasan dalam menjalankan ibadah puasa, ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk menciptakan tubuh yang fit selama berpuasa.

Berikut ini beberapa cara agar kita tetap fit dan aktif selama berpuasa:

1. Cukupi Asupan Nutrisi Saat Sahur dan Berbuka

Agar tetap fit dan sehat penting bagi kita untuk mengonsumsi makanan yang begizi saat sahur, seperti makanan yang mengandung protein, karbohidrat komplek, sayuran dan buah. Tak lupa juga memenuhi asupan air putih agar tubuh tetap terhdrasi.

Menu saat buka puasa juga harus diperhatikan, hindari makan makanan berlemak secara berlebihan seperti gorengan. Disarankan mengonsumsi makanan yang manis dan ringan seperti memakan tiga buah kurma dan air putih sebagai menu pembuka makanan puasa.

2. Olahraga Ringan

Ada baiknya saat menjalankan puasa kita melakukan olahraga yang ringan ketimbang bermalas-malasan diatas kasur. Meskipun diperbolehkan berolahraga, sebaiknya jenis, waktu, dan intensitasnya perlu diperhatikan. Selain itu, kita juga perlu memilih olahraga yang sesuai dengan kondisi tubuh

Olahraga ringan seperti jalan santai dapat dilakukan dimana saja dan kapan, dengan berjalan kaki selain tubuh menjadi fit juga sangat baik untuk kesehatan jantung dan tulang. Selain itu kita bisa melakukan olahraga bersepeda pada sore hari sambil menunggu adzan magrib tiba.

3. Istirahat Yang Cukup

Meskipun berpuasa, disarankan untuk tetap memenuhi waktu tidur selama 8 jam sehari. Jika kurang tidur apalagi saat menjalankan puasa tidak menutup kemungkinan tubuh akan merasakan lemas dan kantuk sepanjang hari.(Dwi)

Related posts