3 Kepala Daerah Terpilih di Papua Barat Resmi Dilantik

Berdasarkan rapat Pleno yang digelar KPU Kabupaten Sorong Selatan, Fakfak dan Kaimana, pasangan Samsudin Anggiluli-Alfons Sesa atau pasangan SAMSON yang memperoleh 20.009 suara. (Sorong Selatan), Freddy Thei-Hasbulla Furuada dengan perolehan suara 15.323 (Kaimana) dan Untung Tamsil-Yohana Dina Hindom yang meraih suara 20.271 suara, (Fakfak) ditetapkan sebagai pemenang Pilkada 2020.

Namun dikarenakan adanya tuntutan dari lawannya ke Mahkamah Konstitusi yakni Samaun Dahlan-Clifford (Fakfak), Rita Teurupun- Leonardo Syakema(Kaimana) serta Yance Salambauw – Feliks Duwit dan Pieters Kondjol – Madun P Narwawan (Sorong Selatan) terpaksa kemenangan mereka ditunda hingga MK mengeluarkan keputusan.

Februari 2021, MK mengeluarkan keputusan bahwa pasangan Samsudin Anggiluli-Alfons Sesa (Sorong Selatan), Freddy Thei-Hasbulla Furuada (Kaimana) dan Untung Tamsil-Yohana Dina Hindom (Fakfak) resmi menjadi pemenang Pilkada 2021 dikarenakan setelah dicermati tidak ada kecurangan yang dilakukan oleh mereka.

Setelah putusan dikeluarkan MK, KPU pada bulan yang sama menetapkan mereka menjadi kepala daerah di Sorong Selatan, Fakfak dan Kaimana.

26 April 2021 Samsudin Anggiluli-Alfons Sesa (Sorong Selatan), Freddy Thei-Hasbulla Furuada (Kaimana) dan Untung Tamsil-Yohana Dina Hindom (Fakfak) resmi dilantik sebagai kepala daerah oleh Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan di di Auditorium Gedung PKK Papua Barat.

Dominggus Mandacan dalam sambutannya berharap agar kepala daerah yang sudah dilantik sesegera mungkin mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran bagi masyarakat, melalui janji-janji pada kampanye.

Dominggus juga mengajak masyarakat yang terpecah belah saat pilkada 2020 bisa kembali bersatu dan bersama-sama mendukung langkah bupati baru guna mewujudkan visi dan misinya.(Hs.Foto.dok.GP)

Related posts