Fitur Baru Twitter Bisa Sharing Langsung Twit ke Medsos Lain

Jakarta, GPriority.co.id – Twitter merupakan salah satu platform media sosial yang banyak digandrungi oleh orang-orang dari berbagai kalangan.

Meski penggunaan karakternya sangat terbatas, namun Twitter berhasil menghadirkan informasi-informasi menarik yang berasal dari cuitan para penggunanya.

Adakalanya cuitan-cuitan di Twitter tersebut ingin dibagikan kembali ke media sosial lain. Pengguna pun perlu mengambil tangkapan layar, kemudian membagikannya dalam bentuk foto. Jika twit yang diunggah cukup banyak, maka tangkapan layar perlu dilakukan berkali-kali.

Namun cara lama tersebut bisa ditinggalkan oleh Tweeps sekarang. Pasalnya belum lama ini Twitter mengumumkan fitur baru untuk memudahkan pengguna Android membagikan twit ke aplikasi atau media sosial lainnya.

Dengan cara ini, tampilan cuitan yang dibagikan akan lebih menarik daripada sekedar foto. Pengguna Android juga lebih praktis untuk membagikannya ke media sosial lain. Selain itu, cara ini juga bisa menghemat penyimpanan akibat menyimpan terlalu banyak screenschot.

Adapun sampai saat ini media sosial lain yang dapat terhubung dengan fitur baru Twitter tersebut adalah Instagram Stories, LinkedIn, dan Snapchat.

Mekanisme berbagi twit di tiga platform tersebut sama dengan membagikan twit ke aplikasi lainnya. Pengguna hanya perlu menekan tombol share atau berbagi yang ada di samping tombol Like pada twit tertentu.

Di sana mereka akan melihat opsi untuk berbagi langsung ke berbagai aplikasi, termasuk Instagram Stories, LinkedIn, Snapchat, WhatsApp, dan grup Facebook. Jika ingin membagikan twit ke Instagram Stories, pengguna tinggal memilih nama platform tersebut.

Selanjutnya, pengguna akan dibawa ke aplikasi Instagram dan dapat menambahkan teks GIF atau aksesoris lain yang sudah tersedia di Instagram.

Pengguna Twitter juga bisa menyesuaikan posisi cuitan yang akan dibagikan di Instagram Stories dengan menggeser secara manual. Sisanya, pengguna tinggal mengunggah konten seperti membuat Instagram Stories biasa.

Twit yang dibagikan di Instagram Stories memiliki tampilan layaknya foto yang dibagikan dari Instagram Feed, dengan bingkai berwarna putih. Stories juga menampilkan jumlah komentar dan like twit lengkap dengan tanggal dan waktu twit diposting.

Berbeda dengan cuitan teks, konten video dari twitter yang dibagikan di Instagram Feed hanya akan menampilkan gambar statis tanpa preview video.

Jumlah komentar dan like twit terkait juga ditampilkan dalam Stories, lengkap dengan tanggal dan waktu twit diposting. Namun agak berbeda dengan konten video yang dibagikan dari Instagram Feed, twit yang memuat video hanya akan ditampilkan seperti gambar statis tanpa preview video.

Fitur berbagi twit langsung ke Instagram Stories dan Snapchat sebenarnya bukan hal yang baru. Sebelumnya Twitter telah terlebih dulu menyediakan layanan ini bagi para pengguna iOS sejak tahun lalu.

Namun fitur sharing langsung ini baru berlaku bagi pengguna Android tahun ini. Khusus untuk layanan sharing langsung ke Linkedln juga baru tersedia tahun ini, baik untuk pengguna Android maupun iOS. (Vn)

Related posts