Gak Boleh Mudik? Ini Tips Lebaran di Rumah Biar Gak Garing

Hari Raya Idul Fitri merupakan hari raya besar yang selalu dinantikan oleh umat muslim. Berbagai tradisi saat lebaran seperti mudik ke kampung halaman selalu menjadi momen yang ditunggu-tunggu.

Namun niat untuk mudik di tahun ini terpaksan harus di tunda karena pemerintah Indonesia kembali membuat aturan yang melarang masyarakatnya mudik.

Hal tersebut tercantum dalam Surat Edaran Nomor 13 Tahun 2021 dari Satgas Penanganan Covid-19 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah dan Upaya Pengendalian Penyebaran Covid-19 Selama Bulan Suci Ramadhan 1442 Hijriah.

Kebijakan itu pun diperketat dengan dikeluarkanya Addendum atas SE Nomor 13 Tahun 2021 tersebut. Pengetatan persyaratan Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) 2 pekan sebelum dan sepekan larangan mudik, yakni 22 April-5 Mei 2021 dan 18-24 Mei 2021.

Meskipun masyarakat di larang pulang ke kampung halamanya, hal tersebut tak menjadi halangan untuk kita tetap bersuka cita merayakan hari raya Idul Fitri walaupun di rumah saja.

Berikut ini tips merayakan lebaran di rumah agar tetap seru dan bermakna.

1. Video Call dengan Sanak Saudara

Ada banyak cara untuk kita menjalin silaturahmi dengan saudara dan kerabat yang jauh secara online, salah satunya yaitu dengan cara video call menggunakan aplikasi WhatsApp, zoom, dan lain-lain. Kita bisa saling bermaaf-maafan, berbagi kabar, melepas rindu, dan bercerita satu sama lain.

2. Membuat Menu Makanan Menarik

Agar suasana lebaran lebih terasa, membuat menu makanan khas lebaran juga bisa menjadi solusi. Membuat makan berat seperti ketupat dan opor ayam, rendang, sate, dan masih banyak lagi. Kita juga bisa membuat makanan ringan apapun dengan melihat resep makanan yang bertaburan di internet, serperti nastar, putri salju, semprit, dan lain-lain. Agar silaturahmi tetap terjalin, kita juga bisa membagikan makanan yang dibuat kepada tetangga atau teman.

3. Mendekorasi Rumah

Selain memasak menu lebaran, membersihkan dan menata ulang rumah serta menambah aksen-aksen menarik khas lebaran juga dapat dilakukan. Selain menambah kesan Idul Fitri, dengan mendekor rumah juga akan meciptakan perasaan positif dan bermakna saat berkumpul dengan keluarga di rumah.

4. Silaturahmi ke Rumah Tetangga atau Teman

Cobalah silaturahmi dan bermaaf-maafan ke rumah teman atau tetangga, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan memakai masker dan jaga jarak fisik saat berkunjung.

5. Mengirim Barang kepada Keluarga

Meskipun tidak bisa mudik, mengirim barang maupun THR kepada keluarga jauh juga bisa menjadi solusi. Kita dapat mengirim makanan maupun barang seperti kue kering, frozen food, baju Lebaran atau pernak-pernik khas Lebaran.(Dwi)

Related posts