Gulo Puan Makanan Bangsawan dari OKI

Siapa yang tidak mengenal Pempek, Kerupuk Kemplang dan Pindang. 3 makanan tersebut merupakan kuliner khas Sumatera Selatan (Sumsel) yang terkenal akan kelezatannya.

Namun selain itu, Sumsel juga memiliki kuliner khas lainnya yang rasanya tidak kalah dengan makanan yang telah disebutkan di atas. Namanya Gulo Puan.Makanan khas dari Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) yang jadi kegemaran bangsawan Palembang pada zaman dahulu.

Gulo Puan yang rasanya mirip keju manis itu sangat sedap untuk campuran minum kopi, olesan roti ataupun pisang goreng.

Gulo Puan ini diolah dari susu kerbau rawa pedesaan di kawasan rawa-rawa Sumatera Selatan. Keberadaan makanan pelengkap ini sekarang terbilang langka dan hanya ditemukan di beberapa tempat saja termasuk di Masjid Agung Palembang.

Menurut Sekretaris Desa Bangsal, Alifiah keengganan penduduk untuk kembali memproduksi Gulo Puan yang menjadi alasan kenapa makanan yang dahulu diperuntukkan bagi para bangsawan ini hampir punah di Sumsel.

” Untuk itulah kami terus mendorong penduduk Bangsal agar tetap memproduksi Gulo Puan sehingga makanan ini tetap lestari,” tutup Alifiah.(Hs.Foto.Istimewa)

Related posts