Hadir di Rakornas Investasi 2023, Kadis Rifani Siap Dukung Investasi Sulteng untuk Indonesia Emas 2045

Penulis : M. Hilal | Editor : Dimas A Putra | Foto : PTSP Sulteng

Jakarta, GPriority.co.id – Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Sulawesi Tengah (Kadis PTSP Prov. Sulteng) Moh. Rifani Pakamundi, S.Sos, M. Si., menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Investasi Nasional 2023 yang bertajuk “Investasi Berkeadilan dan Berkelanjutan” di Grand Ballroom Balai Kartini Exhibition and Convention Center, Jakarta, pada Kamis (7/12).

Ditemui seusai acara, Kadis Rifani Pakamundi menyampaikan target investasi yang ditetapkan oleh pemerintah pusat kepada Provinsi Sulteng untuk tahun 2023 senilai Rp 111,68 Triliun atau naik 2 kali lipat dari tahun sebelumnya, senilai Rp 53.09 Triliun.

Dalam realisasinya, Rifani menjelaskan terhitung dari bulan Januari hingga September 2023 realisasinya telah mencapai Rp 83,64 Triliun dan telah menyerap sebanyak 33.142 tenaga kerja Indonesia.

“Mohon doanya untuk seluruh masyarakat Provinsi Sulteng, mudah-mudahan target yang di berikan sebesar Rp 111,68 Triliun bisa kita dapatkan ataupun bisa lebih,” ucap Kadis Rifani Pakamundi saat ditemui GPriority di lokasi.

Rifani mengatakan hal tersebut menjadikan Provinsi Sulteng berada diposisi ke 4 (empat) secara Nasional, di bawah daerah DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur.

Sementara itu, untuk Kabupaten hingga Kota se-Sulteng kata Rifani realisasi investasi terbesar diantaranya dimulai dari, Kabupaten Morowali, Kabupaten Morowali Utara, Kabupaten Banggai, Kabupaten Donggala dan Kota Palu.

Disamping itu, ia mengungkap dalam mewujudkan target Indonesia emas di tahun 2045 nantinya, Pemprov Sulteng akan bergerak dengan menyiapkan peraturan daerah (Perda) tentang penyelenggaraan perizinan perusahaan.

Menurut Rifani, hal ini tentunya akan memberikan kemudahan dalam ber-investasi dan memberikan kepastian kepada seluruh pelaku usaha dan investor di wilayah Provinsi Sulteng.

“Beberapa yang kita sudah lakukan dan ingin lebih memajukan, seperti penamaan modal dalam membantu investor atau pelaku usaha dan dari beberapa kegiatan yang kita lakukan tertuju dalam rangka memajukan Indonesia emas di tahun 2045 nanti,” ungkapnya.

Sementara itu, ia berharap tentunya dalam memajukan Provinsi Sulteng dan ter-khusus juga untuk Indonesia emas nantinya, seluruh Pemerintah di Provinsi Sulteng mencakup kabupaten dan kota akan lebih ber-sinergitas bersama untuk memajukan Indonesia di kancah internasional dalam bidang Investasi dan lainnya.

“Tentu kita berharap kedepannya nanti Provinsi Sulteng bisa mencapai target realisasi yang tadi sudah di tetapkan oleh pemerintah pusat, bahkan semoga bisa melebihi target yang di berikan sehingga investasi di Sulteng bisa berjalan lebih baik lagi, dan hal ini tentunya akan bisa menopang untuk menjadikan Indonesia emas di tahun 2045,” harapnya.

Diketahui, Rakornas Investasi 2023 secara resmi dibuka Presiden Joko Widodo (Jokowi). dalam arahannya, Presiden Jokowi menegaskan saat ini sesuatu hal yang dikejar-kejar oleh semua negara saat ini adalah hanya satu, investasi.

Maka dari itu, ia menekankan agar investasi di Indonesia harus terus tumbuh. Karena Investasi akan mendatangkan penerimaan negara dan juga daerah-daerah.