Hati-Hati Penipuan Pesan Singkat Vaksinasi

Modus penipuan melalui dunia digital  di era pandemi Covid-19 semakin marak, salah satunya mengatasnamakan tim vaksinasi.

Berdasarkan tangkapan layar WhatsApp yang diunggah @infokomPMK di akun IG nya, ada seseorang dengan nomor yang tidak dikenal mengaku sebagai pihak vaksin. Di dalam pesan tersebut, menanyakan keluhan Anda setelah divaksinasi.

Tak hanya menanyakan keluhan, penipu tersebut juga menanyakan nama, alamat, nama ayah dan ibu, serta jumlah vaksin.

“ Jika menemukan pesan baik melalui SMS maupun WhatsApp mohon kiranya untuk diabaikan atau dihapus, dikarenakan ini modus pencurian data model baru,” jelas isi dari @infokomPMK.

Lebih lanjut dikatakan oleh isi tersebut,” jika sampai Anda meresponnya, maka Anda akan mendapatkan telepon dari pencuri data dan menyuruh Anda untuk menekan  angka 1 jika sudah divaksinasi atau angka 2 jika belum divaksinasi. Jika Anda menuruti permintaan tersebut, otomatis data Anda akan tercuri sehingga uang digital maupun perbankan online yang ada di smartphone Anda bisa raib dan berpindah tangan ke pencuri data.”

Tidak ingin hal tersebut terjadi pada Anda, mohon kiranya untuk mengabaikan dan mendelete pesan tersebut. @infokomPMK juga meminta agar pesan ini bisa disebar luaskan ke kerabat,sahabat dan teman sehingga modus pencurian data menggunakan cara baru ini tidak sampai memakan korban.(Hs.Foto.@infokomPMK)

  

 

Related posts