HUT Ke-22, KCP Resmikan 6.000 Ekor Bibit Unggas Lokal di Kutim

PT Kaltim Prima Coal (KPC) meresmikan Pusat Pembibitan Unggas Lokas di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) yang di bangun pasca tambang D2 Murung, samping Peternakan Sapi Terpadu (PESAT), Kabo Jaya, Rabu (13/10/21).

Pusat Pembibitan Unggas Lokal ini telah dirintis sejak 2019 lalu berdasarkan MoU antara KPC dengan Pemkab Kutim benomor L026/ESD/BCRD/III/2017.

Peresmian Pembibitan Unggas Lokal berkapasitas 6.000 ekor ini menjadi salah satu kado di momen Hari Ulang Tahun (HUT) Kutai Timur ke-22.

Bupati Kutai Timur Ardiansyah Sulaiman mengatakan, peresmian Pusat Pembibitan Unggas Lokal KPC, ibarat mendapat durian montong jatuh. Sebab, bukan hal mudah bisa membangun Pusat Pembibitan Unggas Lokal (Breeding Farm). Sangat berliku-liku, bahkan ada mafia dan lainnya.

“Alhamdulillah ini sebagai salah satu sarana agar masyarakat bisa mengembangkan peternakan ayam kampung. Saya meyakini ini akan menjadi Pusat Pembibitan yang sukses dan besar,” kata Ardiansyah.

Wakil Bupati Kutim, Kasmidi Bulang mejelaskan, dengan diresmikannya Breeding Farm yang merupakan pembibitan unggas lokal pertama di Kalimantan Timur ini, tentu akan sangat membantu para peternak untuk mendapatkan bibit-bibit unggul dengan harga yang relatif terjangkau.

“Di masa yang akan datang, Kutai Timur ditargetkan bisa menjadi salah satu penopang ketahanan pangan bagi Ibu Kota Negara Baru dengan menciptakan inovasi di sektor peternakan,” ujarnya.

Kasmidi menuturkan, hal ini merupakan langkah kongkrit stakeholder mendukung pemerintah sebagai upaya meningkatkan perekonomian di Kalimantan Timur khususnya di Kabupaten Kutai Timur. (Dw.foto.dok.Pribadi)

Related posts