Indonesia dan Finlandia Jajaki Kerja Sama Digitalisasi

Jakarta, GPriority.co.id – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengatakan bahwa Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Finlandia tengah menjajaki kerja sama digitalisasi di tiga bidang.

“Pemerintah Finlandia ingin bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia untuk tiga hal. Pertama digitalisasi, kedua Pusat Data Nasional dan ketiga adalah PPDR atau Public Protection for Disaster Relief,” kata Budi dalam keterangannya, Rabu (22/5).

Indonesia menyambut baik ajakan kolaborasi tersebut mengingat Finlandia sebagai salah satu negara maju memiliki banyak perusahaan teknologi yang mumpuni. Dengan kerja sama lewat Finlandia maka Indonesia berpotensi mendapatkan dukungan perkembangan teknologi untuk di masa depan.

“Teknologinya banyak, ada banyak perusahaan yang punya teknologi yang bagus yang bisa kita berkolaborasi atau bekerja sama dengan Pemerintah Finlandia untuk mendukung tiga hal tadi,” kata Budi.

Ajakan kerja sama Indonesia dan Finlandia itu berlangsung di sela-sela kegiatan World Water Forum ke-10 yang berlangsung di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Nusa Dua, Badung, Bali, Senin (20/5).

Menkominfo berharap pertemuan tersebut bisa ditindaklanjuti dalam bentuk kerja sama ke depan apalagi Indonesia dan Finlandia sudah 70 tahun menjalin hubungan kerja sama bilateral untuk berbagai bidang.

“Kita berharap kerja sama ini terus berlanjut. Karena kita sudah 70 tahun menjalin hubungan kerja sama. Sudah tujuh dekade. Ini adalah waktu yang lama Indonesia dan Finlandia menjalin hubungan kerja sama,” ujarnya.

Dalam pertemuan tersebut, Menkominfo Budi Arie Setiadi didampingi Wamenkominfo Nezar Patria, Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika serta Staf Khusus Menteri Kominfo Widodo Muktiyo.

Adapun, Menteri Pembangunan dan Kerja Sama Luar Negeri Finlandia Ville Tavio didampingi Duta Besar Republik Finlandia untuk Republik Indonesia Pekka Kaihilahti dan Staf Ahli Menteri Tuomas Tahti.

Sebelumnya, Finlandia di awal 2024 juga sempat membahas kerja sama lain di bidang digital. Tepatnya pada Selasa (30/1), saat itu Menkominfo Budi Arie Setiadi mewakili pemerintah Indonesia menerima kunjungan dari negara Finlandia yang diwakili Menteri Kerja Sama Ekonomi Finlandia Wille Rydman membahas kerja sama mengenai infrastruktur digital.

Foto: Biro Humas Kementerian Kominfo