Ini 5 Titik Bekam yang Dianjurkan

Bekam merupakan pengobatan alternatif yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit, bahkan Rasulullah SAW pun menganjurkan untuk menjalankan terapi ini.

Dipercaya dapat membantu mengurangi rasa sakit, peradangan, melancarkan aliran darah, dan juga sebagai relaksasi. Menurut Ustadz Yusuf yang memiliki pengobatan bekam di daerah Tanjung Priuk, Jakarta Utara, biasanya titik untuk melakukan bekam berada di punggung, kepala, dan lain-lain. Berikut ini beberapa titik bekam yang anjurkan.

1. Titik Ummu Mughits

Titik bekam ini merupakan titik utama yang sering digunakan Rasulullah SAW untuk mengobati berbagai penyakit. Titik bekam ini berada di atas kepala tepatnya berada di ubun-ubun, oleh sebab itu saat melakukan terapi bekam biasanya rambut akan dicukur untuk mempermudah pembekaman. Titik ini memiliki khasiat seperti dapat menyembuhkan hipertensi, stroke, vertigo dan migrain yang memang semua penyakit tersebut berhubungan langsung dengan kepala serta penyakit non medis seperti sihir. Untuk pengobatan stroke bukan hanya titik ini yang akan dibekam tapi titik yang ada di tangan dan di kaki juga akan dibekam.

2. Titik Qumah Duwah

Titik bekam tersebut berada disekitar tonjolan tulang belakang tepatnya di kepala bagian bawah. Titik ini mampu mengobati berbagai penyakit ringan dan berat seperti pandangan kabur, mengatasi sakit kepala, vertigo atau sering disebut kebingungan otak, sakit bahu, dan sakit tenggorokan atau radang tenggorokan.

3. Titik Al-Akhdain

Titik bekam yang satu ini sedikit sulit ditemukan karena letaknya tersembunyi disekitar internal jugular vein, di bawah garis batas rambut kepala belakang tepatnya diantara urat samping kiri dan kanan leher.

Titik ini juga sangat penting karena merupakan titik pusat usus besar dan usus kecil dimana pusat dari perjalanan dan kegiatan kedua usus tersebut. Melakukan bekam di titik ini mampu mengobati penyakit disebabkan kelebihan darah atau kerusakan pada jaringan darah disekitar kepala. Selain itu titik bekam ini dapat mencegah sakit kepala, wajah, telinga, hidung dan kerongkongan.

4. Titik Al-Khaahil

Nabi SAW pernah melakukan bekam di titik ini yang terletak di bagian punuk atau di ujung atas tulang belakang yang terdapat diantara dua pundak. Titik bekam ini akan mengobati berbagai penyakit yang ada disekitar kepala serta gangguan syaraf seperti stres dan depresi.

5. Titik Al-Hammah

Titik bekam ini berada diantara pertemuan antara rambut bagian atas dengan rambut bagian belakang yang berada di kepala bagian atas. Pembekaman yang dilakukan pada titik ini akan mengobati masalah ingatan akibat kerusakan syaraf. Selain itu titik bekam ini juga mampu mengobati gangguan penglihatan dan stroke atau kekauan. (Dw.foto.dok.Pri)

Related posts