Ini Syarat dari Manchester United Jika Kontrak Erik ten Hag Mau Diperpanjang

Jakarta, GPriority.co.id – Manchester United berencana memperpanjang kontrak Erik ten Hag yang tersisa satu tahun lagi. Namun, pihak klub ingin mengurangi pengaruh manajer asal Belanda itu yang dianggap pihak klub terlalu besar, terutama yang berkaitan dengan transfer pemain.

Setelah evaluasi yang cukup panjang, manajemen klub yang kini dipimpin Sir Jim Ratcliffe akhirnya memutuskan untuk tetap memakai jasa Ten Hag musim depan. Komitmen ini juga ditunjukkan lewat tawaran untuk menambah masa bakti pria 54 tahun tersebut di Old Trafford.

Dilansir dari ESPN pada Jumat (14/6), ada dua hal krusial yang akan dibahas dalam negosiasi kontrak baru, yaitu kekuasaan Ten Hag atas rekrutmen pemain dan struktur tim kepelatihannya. Manchester United menginginkan perubahan dalam kedua aspek tersebut.

Dalam kontrak sebelumnya, Ten Hag memiliki hak veto untuk menyetujui siapa pemain yang akan masuk dan keluar. Namun, Ratcliffe ingin menyerahkan tanggung jawab perekrutan kepada tim yang dipimpin oleh empat petinggi klub: direktur teknik Jason Wilcox, kepala pencari bakat Steve Brown, direktur negosiasi sepak bola Matt Hargreaves, dan direktur olahraga yang akan segera bergabung, Dan Ashworth.

Ten Hag nantinya masih akan diberi ‘hak suara’ dalam transfer pemain, tetapi tugasnya akan lebih terfokus pada urusan menangani skuad yang ‘dibentuk’ untuknya.

Adapun untuk struktur tim pelatih, ada kemungkinan Manchester United tidak akan memperpanjang kontrak Benni McCarthy yang saat ini menjadi pelatih striker. Ten Hag ingin mantan penyerang Ajax dan Porto itu bertahan, namun kontraknya yang akan segera habis hingga kini belum diperpanjang.

Manchester United dikabarkan terbuka dengan opsi mendatangkan orang luar untuk bekerja sama dengan Mitchell van der Gaag dan Steve McClaren selaku asisten Ten Hag. Intinya, pihak klub ingin mengubah cara mengelola tim dengan tidak lagi berfokus pada satu orang dalam membangun skuad.

Ten Hag sudah dua musim menjadi pelatih, dengan grafik penampilan yang naik turun. Namun, ia sukses menyumbang masing-masing satu trofi di tiap musim. Setelah memenangi Carabao Cup 2023, Ten Hag menjuarai Piala FA 2024 pada Mei silam.

Foto: OLI SCARFF/AFP