ITB Buat Face Shield Sementara Polda DI Yogyakarta Gelar Aman Nusa Dua Progo

Jakarta,Gpriority-Banyaknya petugas medis yang meninggal dunia saat menangani Covid-19 membuat banyak instansi termasuk Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD) Institut Teknologi Bandung (ITB) prihatin sehingga berusaha menyumbangkan Alat Pelindung Diri (APD) untuk para tenaga medis agar dapat bertahan dan berjuang menghadapi pasien Covid-19.

Namun yang disumbangkan adalah APD dalam bentuk Face Shield buatan mereka untuk dibagikan gratis kepada petugas medis yang ada di rumah sakit, klinik, dan Puskesmas. Dijelaskan oleh Dosen di FTMD ITB, Dr IR Yuli Setyo Indartono, Face Shield adalah kontrol infeksi yang memberikan perlindungan area wajah.

Dengan menggunakan rangka filamen dari 3D printing dan visor akrilik 0,2 mm, Face Shield ringan dan nyaman untuk melingkupi wajah hingga telinga sehingga dapat meminimalisir paparan droplet dari pasien.Frame ini juga menutup bagian wajah secara menyeluruh hingga sampai menutupi bagian telinga.

Di Cirebon,  yayasan Cirebon Rerewang mengajak untuk masyarakat luas  untuk membantu orang yang membutuhkan. Agus Gineer, pendiri Yayasan Cirebon Rerewang menyampaikan, kali ini Cirebon Rerewang kembali menggalang dana untuk menangani berbagai dampak penyebaran virus corona yang terus meluas. Pihaknya bersama-sama mulai membuka donasi baik berupa barang maupun uang. Kemudian, tim membelikan dana tersebut berbagai kebutuhan berupa beras, alat pelindung diri, dan wastafel untuk beberapa titik-titik pertemuan publik di pusat kota.

Sementara itu di Yogyakarta, Polda DIY terus melakukan operasi Aman Nusa Dua Progo sebagai upaya mencegah meluasnya covid-19 di Yogyakarta.

Kabid Humas Polda DIY Kombes Kombes Pol Yulianto akan berlangsung selama 30 hari mulai 19 Maret hingga 17 April 2020.(Hs)

 

 

Related posts