Jelajah Pesona Jalur Rempah Beltim Siap Dukung G20


Jakarta,GPriority.co.id – Kegiatan Jelajah Pesona Jalur Rempah (JPJR) di Kabupaten Belitung Timur kembali terpilih dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) tahun 2022.

Event KEN 2022 merupakan salah satu upaya pemerintah Indonesia dalam mendorong kebangkitan ekonomi kreatif Indonesia serta upaya untuk membangkitkan perekonomian nasional akibat pandemi COVID-19 yang melanda.

Selain masuk sebagai event nusantara tahun 2022, JPJR di Kabupaten Belitung juga siap untuk mendukung terciptanya pertemuan berskala international, G20.

“Setelah tahap kurasi selesai di event KEN 2022, event JPJR Beltim juga ikut serta dalam upaya pemerintah untuk pemulihan ekonomi daerah sekaligus mendukung kegiatan internasional G20,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung Timur, Evi Nardi dalam wawancaranya.

Perlu diketahui, JPJR Beltim merupakan event tahunan unggulan dari Kabupaten Belitung Timur yang mengangkat tema sejarah dan budaya bahwa Belitung Timur termasuk dalam bagian dari jalur rempah nusantara dan dunia.

Panitia penyelenggara sekaligus Koordinator event JPJR Beltim, Zulfiandi mengatakan bahwa tema JPJR tahun ini adalah ‘Eksotisme Jalur Rempah Belitung Timur’. Ia menambahkan bahwa Beltim memiliki 17 warisan budaya tak benda (WBTB) yang sudah ditetapkan oleh HAKI.

“Tema kali ini mengandung makna dan nilai-nilai keistimewaan Belitung Timur sebagai simpul jalur rempah dunia yang telah ada dalam sejarah jalur rempah, berupa pengetahuan tradisional, teknologi tradisional, kuliner, obat-obatan, rempah, serta masyarakat Belitung Timur,” kata Zulfiandi.

Rencananya, kegiatan JPJR 2022 akan dilaksanakan pada tanggal 6-10 September 2022 di Lapangan Yagor, Desa Kurnia Jaya, Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur. Event ini juga melibatkan sejumlah masyarakat dalam kegiatan JPJR seperti kuliner rempah, pengobatan rempah, lomba tari dan musik serta penampilan tradisional khas Kepulauan Bangka Belitung. (Hn.)

Related posts