Jelang Debat Pilpres 2024, KPU RI: Terdapat 6 Segmen dan 18 Pertanyaan

Penulis : M. Hilal | Editor : Dimas A Putra | Foto : YouTube/KPU RI

Jakarta, GPriority.co.id – Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) menjelaskan terdapat beberapa mekanisme debat perdana Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden (Capres-Cawapres) yang dijadwalkan akan berlangsung besok, pada jam 19.00 WIB di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa (12/12).

Perlu diketahui, bahwa tema debat perdana besok adalah pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari menjelaskan akan ada 6 segmen dan 18 pertanyaan dengan durasi debat akan berjalan selama 150 menit. Meski demikian durasi khusus debatnya adalah 120 menit. Hasyim memastikan pasangan calon dapat saling berinteraksi dalam debat tersebut.

“Kami pastikan di dalam rundown itu justru kesempatan antar calon untuk berinteraksi itu dikatakan untuk debat Pemilu 2024 ini lebih banyak,” ucap Hasyim dalam konferensi pers di kantor KPU RI, saat siaran langsung di YouTube KPU RI, pada Senin (11/12).

Lebih lanjut, Hasyim mengatakan jika akan ada 6 segmen yang dipisah dengan jeda iklan pertiap segmennya. Pada masing-masing segmen, para penelis berhak memberi tiga pertanyaan ke para capres.

“Gambarannya begini, pada kesempatan pertama nanti saya sampaikan bahwa panelis akan menyusun 18 pertanyaan. Itu kan ada 6 segmen, berarti ada 3 pertanyaan yang disiapkan untuk masing-masing segmen,” ungkapnya.

Sementara itu, Hasyim menambahkan jika Nantinya, di setiap masing-masing capres akan mengambil pertanyaan yang sudah disiapkan para panelis secara acak. Setelah Capres A menjawab, Capres B dan C lali nantinya akan diberi kesempatan untuk menanggapi pertanyaan tersebut.

“Setelah menanggapi, calon A juga diberikan kesempatan untuk menanggapi balik supaya kemudian dirasa jelas di bagian perdebatan itu. Tapi pada dasarnya di bagian awal sebelum masuk kepada pertanyaan, masing-masing diberikan kesempatan untuk menyampaikan visi dan misi program sesuai dengan tema yang di bawa,” ucapnya.