Jepara Menuju Smart City dengan 6 Inovasi Unggulan

Jepara,Gpriority- Penyusunan dokumen masterplan atau rencana induk smart city di Kabupaten Jepara sudah selesai.

Asisten I Sekda Kabupaten Jepara Dwi Riyanto menyebutkan dokumen masterplan tersebut dibuat juga dengan program unggulan percepatan (quick win). Ada enam inovasi dalam program quick win atas enam pilar kota pintar.

“Pertama, dalam dimensi tata kelola pemerintahan pintar ada pelayanan online administrasi kependudukan dari Disdukcapil. Kedua, tata kelola perekonomian pintar ada aplikasi sistem informasi monitoring dan evaluasi CSR (Simoncer) dari Bagian Perekonomian Setda, dan ketiga, konsep masyarakat cerdas ada inovasi Emas Berlian dari Diskarpus,” katanya, Jumat (12/11/21).

Keempat, ada Mal Pelayanan Publik dari DPMPTSP. Kelima, tata kelola hunian pintar ada aplikasi Sicepatonas dari Dinkes. Dan Keenam, pengelolaan lingkungan pintar ada program desa mandiri sampah dari DLH.

Dengan selesainya seluruh dokumen tersebut, Dwi Riyanto berharap semakin memperjelas langkah seluruh perangkat daerah dalam mewujudkan smart city atau kota pintar.

“Terus bergerak lebih cerdas, kreatif, inovatif, dan solutif, dalam memenuhi harapan masyarakat akan pelayanan publik yang lebih mudah, murah, dengan hasil yang efektif dan efisien,” tuturnya.

Pemerintah Kabupaten Jepara sendiri memastikan pelaksanaan program kota pintar akan terlaksana pada tahun 2022.

Ia pun meminta kepada seluruh perangkat daerah yang kegiatannya terpilih sebagai quick win untuk benar-benar memperhatikan, menyelesaikan, dan melaksanakannya secara berkelanjutan. (Dw.foto.dok. Diskominfo Jepara)

Related posts