Jika Cinta Bertepuk Sebelah Tangan


Cinta merupakan sebuah anugerah yang harus disyukuri, betapa bahagianya jika orang yang kita cintai juga sama mencintai kita. Namun ada juga yang harus menelan pahitnya perasaan cinta yang tak terbalas.

Cinta bertepuk sebelah tangan sangatlah menyakitkan, sedih, marah, galau, semuanya berkecamuk dalam dada. Hal tersebut wajar bagi mereka yang sedang merasakan patah hati, yang menjadi tak wajar adalah ketika mereka sedih berkelanjutan, terpuruk secara terus menerus tanpa mau bangkit.

Tak hanya menggangu aktivitas sehari-hari, patah hati secara terus menerus juga dapat mempengaruhi kesehatan baik fisik maupun psikis.

Berikut ini beberapa tips move on yang bisa Anda praktekkan agar hati Anda menjadi lebih tegar, dan semangat dalam menjalani hidup selepas patah hati.

1. Curhat

Mencurahkan isi hati kepada orang yang kita percaya seperti, sahabat, keluarga atau orang tua menjadi salah satu tindakan yang bisa meringankan sakit hati. Utarakan semua yang memang harus diutarakan, menangislah jika memang harus menangis.

Jika dirasa tidak ada orang yang bisa diajak untuk curhat, maka mendekatkan dirilah kepada Tuhan, curhat juga tak harus dengan manusia. Berdoalah agar dikuatkan hati dan fikiran. Satu hal yang perlu diingat jangan menunggu sakit hati dulu baru beribadah, mendekatlah kepada Tuhan dalam segala situasi, dengan begitu hati akan menjadi lapang dan tegar tanpa sakit hati yang berkelanjutan.

2. Terima kenyataan

Yakinkan pada diri dan terima kenyataan bahwa dia bukanlah yang terbaik bagi kita. Jangan mengharapkan sesuatu yang membuat lelah hati. Masih banyak kesempatan dan orang yang bisa menerima kita apa adanya tanpa menimbulkan sakit hati. Cinta yang mati, akan tumbuh yang lain jika Anda mengizinkan. Ambil waktu untuk mengingat kelebihan diri dan apa tujuan hidup selanjutnya.

3. Cari kesibukan baru

Mengingat masa lalu hanya akan menambah luka dan membuat hati semakin perih. Sadari lah bahwa masih banyak kegiatan yang bisa dilakukan tanpa harus memikirkan dia yang sudah buat sakit hati. Cobalah menyibukkan diri dengan hal-hal yang disukai, dunia belum berakhir dan masih banyak yang bisa  dilakukan dengan atau tanpa dirinya. Baca buku atau nonton film untuk memperkaya wawasan Anda, daftar nge-gym, dan dengarkan motivasi yang positif.

4. Jatuh Cinta Lagi

Walau mungkin pikiran masih tertuju pada mantan, usahakan untuk mulai membuka diri lagi pada orang lain walaupun belum sepenuhnya siap untuk mencoba kembali berkomitmen. Tak ada salahnya untuk keluar rumah, bergabung dengan komunitas baru, melakukan aktivitas baru, dan berkenalan dengan orang-orang yang baru. Siapa tahu, di luar sana, anda bisa menemukan pujaan hati yang lebih baik dari si dia. (Dw.foto.dok.Istimewa)

Related posts