Mengenal Persekutuan Uli Lima dan Uli Siwa

Pastinya Anda merasa asing dengan judul di atas. Mungkin ini disebabkan karena kurangnya media massa mengekspos Persekutuan Uli Lima dan Uli Siwa. Untuk mengetahui apa itu Persekutuan Uli Lima dan Uli Siwa, Gpriority membahasnya dalam artikel ini.

Dilansir dari beberapa sumber, Persekutuan Uli Lima dan Uli Siwa berasal dari Perkembangan dua kerajaan Ternate dan Tidore. Sebagai kerajaan yang memiliki daerah penghasil rempah, Ternate dan Tidore tumbuh menjadi kuat dan makmur sehingga menimbulkan persaingan dagang antar mereka.

Menurut buku Mengenal Kerajaan-Kerajaan Nusantara (2009) yang ditulis oleh Deni Prasetyo, persaingan tersebut semakin lama menjurus pada perebutan pengaruh dan kekuatan.Sehingga muncul dua persekutuan dengan disebut Uli Lima (persekutuan lima bersaudara) dan Uli Siwa (persekutuan sembilan bersaudara).

Persekutuan Uli Lima dipimpin oleh Ternate dengan anggota Ambon, Bacan, Obi, dan Seram.

Sementara Uli Siwa dipimpin oleh Tidore dengan anggota Makean, Halmahera, Kai dan pulau- pulau lain hingga ke Papua bagian Barat.

Kedua persekutuan tersebut saling berselisih untuk menguasai perdagangan rempah-rempah.
Persekutuan tersebut muncul akibat kemajuan dan persaingan dua kerajaan. Kekuatan asing yang terlibat dalam pertentangan itu karena keinginan besar untuk menguasai sumber rempah-rempah.

Dari persaingan tersebut, Kerajaan Ternate mencapai puncak kejayaannya pada masa Sultan Baabullah (memerintah 1570 –1583).Sementara Kerajaan Tidore mencapai puncak kejayaannya pada masa Sultan Nuku yang berkuasa pada 1797 hingga 1805.(Hs.Foto.Istimewa)

Related posts