JMFW, Indonesia berpotensi Besar Menjadi Pusat Fesyen Muslim Dunia

Jakarta,Gpriority-Langkah Indonesia untuk menjadi pusat fesyen muslim dunia semakin hari semakin mendekati kenyataan. Hal ini disebabkan bertambah lagi fesyen muslim Indonesia bernama Jakarta Muslim Fashion Week.

Berdasarkan data Global Religious Futures, Indonesia merupakan salah satu negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, yang jumlahnya mencapai 13 persen dari populasi muslim dunia. Hal inilah yang mendorong fesyen muslim di Indonesia berkembang dengan sangat pesat.

Dibuktikan dengan pernyataan The State of Global Islamic Economic bahwa pertumbuhan industri fesyen muslim di Indonesia adalah yang terbaik kedua di dunia, dengan konsumsi mencapai US$21 miliar dan pertumbuhan rata-rata 18,2 persen per tahun.

Berangkat dari kenyataan ini, Kementerian Perdagangan RI bersama KADIN seperti dituturkan Menteri Perdagangan (Mendag) M.Lutfi dalam siaran persnya secara Hybrid pada Kamis (11/11/2021) menghadirkan event Embracing Jakarta Muslim Fashion Week sebagai langkah awal menetapkan posisi Indonesia sebagai pusat fesyen muslim dunia.” Melalui Jakarta Muslim Fashion Week, fesyen muslim Indonesia menjadi semakin kuat di pasar domestik dan peluang bisnis ke pasar global pun akan terbuka luas,” jelas Mendag M.Lutfi.

Ditambahkan Anne Patricia Sutanto, perwakilan KADIN dan sekaligus Wakil Ketua Komite Promosi Fesyen Muslim Nasional,“Jakarta Muslim Fashion Week akan menjadi program annual Kemendag dan KADIN yang bertujuan membesarkan sektor-sektor usaha berorientasi domestik dan ekspor, sehingga ke depannya dapat menjadi muslim fashion event terbesar di dunia. KADIN siap mendukung akselerasi dunia usaha dan membangun kekompakan bersama ekosistem berbagai sektor usaha antar pengusaha dari hulu ke hilir dalam inisiasi Jakarta Muslim Fashion Week sebagai Pusat Muslim Fesyen Dunia.

Fesyen Muslim Indonesia menurut Anne punya potensi yang besar untuk dapat bersaing di pasar global. Potensi tersebut antara lain Indonesia memiliki beragam desain dengan ciri khas budaya yang menampilkan wastra Indonesia, seperti batik, tenun, border, dan aksesoris (perhiasan). Industri lainnya yang mendukung fesyen muslim Indonesia adalah industri produk kosmetik dan kecantikan yang halal. Semua potensi inilah yang penting untuk diperkenalkan ke dunia Internasional.

“Industri garmen dan tekstil nasional siap mendukung pasar fesyen muslim orientasi domestik dan ekspor di Jakarta Muslim Fashion Week. Embracing JMFW ini menginisiasi pembentukan ekosistem sektor tekstil dan garmen dari hulu sampai dengan hilir, dan diharapkan terjadi peningkatan daya saing, kreativitas, dan kebersamaan dalam sektor TPT Nasional seiring dengan percepatan pemulihan ekonomi nasional,” ungkap Jemmy Kartiwa, Ketua Umum Asosiasi Pertekstilan Indonesia.

Sancoyo Antarikso, Ketua Umum Perkosmi dalam kesempatan tersebut juga mengatakan bahwa Industri fesyen dan kosmetik muslim adalah dua industri yang saling melengkapi. Keduanya dapat tumbuh beriringan dan menjadi ikon kebanggaan bangsa. Persatuan Perusahaan Kosmetik Indonesia (Perkosmi) mendukung kegiatan ini dengan menampilkan beberapa merk kosmetik Indonesia yang bersertifikat halal.

Acara Embracing Jakarta Muslim Fashion Week akan berlangsung pada tanggal 18 November 2021 di Aquatic Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta. Di tahun pertama penyelenggaraannya ini, Jakarta Muslim Fashion Week akan fokus memperkenalkan desain fesyen muslim Indonesia yang kaya keberagaman kepada pasar domestik dan dunia Internasional.

“Embracing Jakarta Muslim Fashion Week dapat mensosialisasikan perkembangan fesyen muslim di Indonesia, terutama keberagaman produknya, ke pasar global. Sehingga memperkuat nilai produk fesyen muslim yang sudah terstandardisasi sesuai dengan kebutuhan pasar ekspor. Kami berharap Jakarta Muslim Fashion Week bisa membawa Indonesia menjadi kiblat fesyen muslim dunia,” ucap Ali Charisma, Ketua Indonesia Fashion Chamber (IFC) sebagai representatif dari para desainer fesyen muslim Indonesia.

Rangkaian acara Embracing Jakarta Muslim Fashion Week 2021 antara lain fashion show yang menampilkan 36 brand muslim fashion dan diskusi perkembangan Muslim Fashion dari Indonesia. Seluruh acara Embracing Jakarta Muslim Fashion Week dapat dinikmati pencintafesyen secara langsung di venue dan akan ditayangkan secara online ke seluruh dunia melalui berbagai platform digital.

“Muslim Fashion Indonesia memiliki potensi yang besar untuk dipromosikan hingga ke tingkat Internasional. Acara Embracing Jakarta Muslim Fashion Week 2021 ini merupakan langkah awal untuk memperkenalkan Jakarta Muslim Fashion Week yang akan diluncurkan tahun depan sebagai salah satu rangkaian dari Trade Expo Indonesia ke-37. Untuk tahun-tahun selanjutnya, Jakarta Muslim Fashion Week akan berupa acara satu minggu fashion week yang berpengaruh untuk Indonesia dan dunia,” tutup Svida Alisjahbana, Komite Bidang Media Relations Jakarta Muslim Fashion Week. (Hs.Foto.Humas Kemendag)

Related posts