Jokowi Tinjau Semarang-Demak “Tanggul Laut Cegah Masuknya Air Laut ke Kawasan Pemukiman”

Jalan Tol Semarang-Demak memiliki keistimewaan dibandingkan dengan jalan tol lainnya yang ada di Indonesia. Selain sebagai pengurai kemacetan, Jalan Tol Semarang-Demak juga memiliki fungsi lainnya yakni mencegah masuknya air laut ke kawasan pemukiman penduduk di sekitarnya.Itulah yang dikatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meninjau pembangunan jalan tol Semarang-Demak pada Jum’at (11/6/2021).

” Perlu Anda ketahui pembangunan jalan tol yang melewati kawasan pesisir Semarang ini melewati pesisir laut. Untuk itulah saya memerintahkan Kementerian PUPR untuk membuat tanggul laut dan kolam yang akan mencegah masuknya air laut ke kawasan pemukiman penduduk di sekitarnya. Jadi, selain menghubungkan jalur transportasi antara Semarang dan Demak, adanya tanggul tersebut dapat memberikan manfaat bagi masyarakat pesisir dan hal ini merupakan yang pertama serta baru dilakukan dalam pembangunan jalan tol di Indonesia,” jelas Jokowi.

Jokowi dalam keterangan persnya juga yakin jika kawasan di sekitar tol Semarang Demak yang saat ini masih terendam rob akan menjadi kering.
 
Jokowi di akhir sambutan berharap ke depan bisa digunakan menjadi kawasan industri dan pendukungnya.“Serta pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru. Kita harapkan ini segera bisa diselesaikan sehingga sekali lagi, mendorong pertumbuhan ekonomi di Provinsi Jawa Tengah,” tutup Jokowi.(Hs.Foto.BPMI Setpres)

Related posts