Tol Jawa koridor Pantai Utara Jawa menghubungkan Semarang, Demak, Rembang, Tuban, dan Gresik

Demak,Gpriority-Guna mengetahui progres pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak yang terintegrasi dengan pembangunan tanggul laut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Jum’at sore (11/6/2021) melakukan peninjauan langsung ke lokasi.

Tiba di area pembangunan, Jokowi beserta rombongan disambut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Mereka langsung menuju ke papan infografis Tol Semarang-Demak. Di sana, Ganjar yang turut serta dalam rombongan tampak menjelaskan kepada Jokowi terkait progres pembangunan.

“Ini merupakan bagian dari jaringan Tol Jawa Koridor pantai utara jawa. Koridor ini akan menghubungkan, Semarang, Demak, Rembang, Tuban dan Gresik, dan yang untuk ruas Gresik Surabaya telah terhubung jalan tol dan telah dioperasikan,” kata Jokowi.

Jalan Tol Semarang-Demak secara keseluruhan akan memiliki panjang 26,7 kilometer dan terdiri atas seksi Kaligawe-Sayung sepanjang 10,39 kilometer yang direncanakan akan memulai konstruksi pada Januari 2022 dan seksi Sayung-Demak sepanjang 16,31 kilometer yang tengah menjalani proses konstruksi dan ditargetkan selesai pada tahun 2022 mendatang.

Presiden menjelaskan bahwa setelah pembangunan jalan tol tersebut diselesaikan, diharapkan dapat berimplikasi pada pengurangan kemacetan lalu lintas secara signifikan yang biasa terjadi dari dan menuju Kaligawe dan Bandara Ahmad Yani, Kota Semarang.(Hs.Foto.BPMI Setpres)

Related posts