Kabupaten Buton Utara Butuh Digitalisasi Pelayanan Administrasi Pemerintahan

Jakarta, GPriority.co.id – Pemerintah Kabupaten Buton Utara melalui Kepala Dinas Kominfo dan Persandian, Kadim, SE., menyampaikan Butur berencana membuat sistem aplikasi yang terintegrasi antar SKPD di daerah, khususnya pada bidang pelayanan administrasi pemerintahan.

Lebih lanjut ia menjelaskan hal ini merupakan salah satu langkah tranformasi digital yang menyelaraskan kepada kebutuhan daerah.

“Jadi terkait digitalisasi ini kita sedang sesuaikan dengan kondisi kebutuhan dan ada beberapa hal yang masih kami sempurnakan.” Ujar Kadis Kominfo dan Persandian (03/08/2022).

Di samping upaya tersebut, Kadim, SE menganggap jaringan internet di Kabupaten Buton Utara sudah cukup baik. Pemkab telah bekerjasama dengan PT Telkom dalam penyediaan bandwidth dan sistem jaringan fiber optic.

“Kita sesuaikan dengan kebutuhan kebutuhan daerah, tetapi pada umumnya untuk penyediaan bandwidth kita sudah pada tahap maksimal karena kita sudah bekerja sama dengan PT. Telkom”. Ungkap Kadim SE.

“Karena kita daerah baru sehingga jaringan bandwidth tidak begitu bagus, sehingga kita melakukan kerjasama dengan PT Telkom. Dalam rangka menggunakan fiber optik. Karena dengan fiber optik ini untuk kekuatan jaringannya sangat baik dan sangat bagus.”

Terkait infrastruktur lain, ia mengatakan Buton Utara telah membangun 6 menara BTS yang masing-masing berada di Kecamatan Bonegunu sebanyak 2 unit, Kecamatan Kambowa 3 unit, dan Kecamatan Kulisusu Utara. Menurutnya hanya perlu memaksimalkan penggunaan infrasturktur tersebut.

Di tingkat desa, pihak Pemkab Butur masih melakukan penjajakan. Salah satunya dengan menghadirkan Kementerian Kominfo untuk memberikan sosialisasi pengelolaan internet dan tranformasi digital kepada pihak Bumdes. Hal ini dimaksudkan agar seluruh pihak nantinya dapat saling bekerjasama.

“Ke depannya kita harapkan sesuai dengan kebutuhan era digitalisasi ini. Semoga sesuai dengan kemampuan anggaran yang ada dan juga kita lakukan pengusulan ke Kementerian Kominfo. Semoga kita harapkan akan berkembang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang ada.”

Seperti diketahui Digital Transformation Indonesia Conference and Expo 2022 (DTI-CX) merupakan pameran yang digelar dalam rangka mendukung agenda transformasi digital Indonesia sekaligus sebagai rangkaian acara dari Peringatan Hari Bhakti Pos dan Telekomunikasi ke-77. (Vn)

Related posts