Kadis Kominfo: Infrastruktur TI Kabupaten Merangin Masih Minim

Jakarta, GPriority.co.id – Dalam rangka mendukung agenda transformasi digital Indonesia, PT Adhouse Clarion Events (PT ACE) bersama Kementerian Kominfo, Masyarakat Telematika Indonesia (MASTEL), dan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menggelar pameran perdana Digital Transformation Indonesia Conference and Expo 2022 (DTI-CX).

Turut hadir dalam acara ini perwakilan Pemkab Merangin Provinsi Jambi, Kepala Dinas Kominfo Merangin M. Arief, menyampaikan pandangannya terkait program Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk melakukan digitalisasi Indonesia.

Kadis Kominfo M. Arief menilai gerakan tersebut tidak memerhatikan kemampuan lembaga pemerintahan di daerah-daerah di luar Pulau Jawa yang masih minim infrastruktur IT. Seperti yang dirasakan oleh Kabupaten Merangin.

“Mereka ada gerakan Indonesia Goes Digital, Indonesia Satu Data, tapi mereka tidak melihat bahwa masih banyak Kabupaten di daerah, terutama di luar Jawa seperti Sumatera, Kalimantan, Sulawesi yang memang mereka sangat minim. Boleh dikatakan belum ada sama sekali untuk infrastruktur IT”. Ungkap Kadis Kominfo M. Arief saat diwawancara pada acara DTI-CX, Rabu (3/8/2022).

“Kalau pihak swasta, BUMN atau Kota, mereka sudah running infrastrukturnya. Tapi kalau kita boleh dikatakan masih jalan di tempat atau belum sama sekali. Itu kendalanya.”

Terkait kendala tersebut, M. Arief menyampaikan persoalan anggaran masih menjadi masalah utama. Untuk menyiasati permasalahan jaringan internet dan infrastruktur IT ini, dirinya mengatakan pihak Pemkab terpaksa menyewa pada Telkom atau PBN.

“Dengan anggaran seadanya, yang penting kita jalan. Beda dengan daerah-daerah yang memang anggaran cukup. Mereka sudah bisa menerapkan SPBE bisa melakukan Smart City.”

Ditanya soal peran Bumdes dalam pengelolaan internet, ia menyebut proyek percontohan untuk penerapan IT di desa-desa di Jambi baru dimulai tahun ini sehingga masih sedikit.

“Maka memang kita berharap dengan pertemuan ini, nanti pemerintah pusat melalui Kemenkominfo bisa mencarikan solusi untuk mendukung (pembangunan infrastruktur IT).”

DTI-CX 2022 digelar di Jakarta Convention Center mulai tanggal 3 Agustus hingga 4 Agustus 2022 dengan tema “Transforming people, business, and society – Menyinergikan Transformasi Pelayanan Publik, Pelaku Bisnis, dan Masyarakat”. (Vn)

Related posts