Kampung Literasi Selamat untuk Warga Pontianak Gemar Membaca

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono meresmikan Kampung Literasi Selamat (Kalise) Smart Village di Jalan H Rais A Rahman Gang Selamat I, Kelurahan Sungai Jawi Dalam, Kecamatan Pontianak Barat, (26/10/21).

Kampung Literasi ini dibangun untuk meningkatkan minat baca dan pengetahuan masyarakat. Edi juga mengatakan untuk mewujudkan masyarakat yang memiliki enam komponen literasi, yakni literasi baca tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital teknologi informasi dan komunikasi (TIK), literasi finansial serta literasi budaya dan kewarganegaraan.

Edi juga mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada PLN yang telah ikut mendukung pembentukan Kalise Smart Village, baik dari sisi bantuan langsung maupun berupa pembinaan-pembinaan secara terus-menerus.

“Keberadaan Kalise ini menunjukkan semangat warga untuk membangun lingkungannya. Upaya ini untuk meningkatkan literasi masyarakat terutama minat baca tulis. Kegiatan ini diharapkan berkelanjutan dan bisa memberikan manfaat positif terutama bagi warga Gang Selamat I dan sekitarnya,” ujarnya.

Selan itu juga diharapkan bisa menjadi role model atau percontohan bagi kawasan-kawasan lainnya untuk membentuk kampung literasi serupa.

Edi mengungkapkan bahwa tingkat literasi di Kota Pontianak memang masih sangat rendah, dimana angka minat baca warga masih sedikit. Oleh sebab itu dengan adanya Kalise dan ruang-ruang yang menyediakan bahan bacaan atau buku, baik dalam bentuk cetak maupun digital.

“Taman-taman kota juga kita sediakan perpustakaan, di kampung-kampung juga tersedia perpustakaan seperti yang ada di Kampung Caping yang meraih penghargaan nasional pada lomba perpustakaan,” tutup Edi. (Dw.foto.dok. Humas Pontianak)

Related posts