Kandungan Roti Ezekiel, Makanan Diet Tanpa Gula

Roti Ezekiel merupakan salah satu jenis roti yang cocok dikonsumsi untuk diet. Terbuat dari biji-bijian organik yang bertunas, proses perkecambahan mengubah komposisi nutrisi biji-bijian secara signifikan.

Campuran berbagai jenis kecambah atau biji seperti gandum, millet, barley, dan spelt. Juga ada kacang-kacangan seperti kedelai dan lentil.

Dengan banyaknya biji-bijian di dalamnya, membuat roti ezekiel kaya akan kandungan nutrisi, kaya akan protein dan mengandung 18 asam amino.

Diketahui, salam satu potong roti ezekiel yang kurang lebih 34 gram mengandung 80 kalori, 15 gr karbohidrat, 4 gr protein, 0.5 gr lemak, 3 gr serat, 0.7 mg besi, 80 mg kalium, dan 0 gr gula.

Selain berguna untuk diet, roti ezekiel juga dipercaya bermanfaat untuk meningkatkan daya cerna, penyerapan mineral, serta mencegah diabetes.

Adapun proses pengolahan roti ini yaitu dengan mengeringkan atau mengolah langsung kecambah yang tumbuh dengan ukuran tertentu. Biasanya kecambah yang dikeringkan akan dijadikan bahan pembuat tepung dan langsung dicampurkan ke adonan kue.

Sedangkan untuk jenis kecambah yang masih cukup segar, bisa langsung dihancurkan dan dicampurkan ke dalam adonan.

Sebagai informasi, semua biji-bijian dan kacang-kacangan ditanam secara organik dan dibiarkan bertunas sebelum diproses, dicampur bersama, dan dipanggang untuk menghasilkan produk akhir. (Dw.foto.dok.Istimewa)

Related posts