Kaum Pelajar… Nih Ide Buat Tambahan Uang Jajan Kamu

Pastinya, anak sekolahan sekarang ini pernah merasa kebutuhannya kian banyak. Sementara uang jajan dari orang tua kadang dirasa tidak mencukupi, bahkan mungkin segan kalau untuk meminta lagi.

Ditambah sekarang ini sedang pandemi. Kebutuhan sekolah pun seperti buat beli pulsa/data internet, uang nongkrong dengan teman maupun kebutuhan-kebutuhan pribadi, kian bertambah banyak.

Nah, tentu sebagai pelajar ingin juga kan punya uang hasil usaha sendiri untuk sekadar tambahan uang jajan. Atau boleh jadi karena berniat bisnis kecil-kecilan yang dimulai sejak dini.

Berikut ide-ide bisnis yang dirangkum dari berbagai sumber. Mungkin cocok untuk anak sekolah!

1.Kuliner
Saat ini banyak sekali makanan ringan kekinian yang digemari. Karena Pandemi Covid-19 masih melanda, kamu bisa menjual bisnis kulier secara online. Pastinya untuk memproduksi makanan/minuman yang ingin dijual, waktu luang kamu semakin banyak karena saat ini diterapkan sekolah daring. Kamu bisa membuatnya sehabis pelajaran selesai. Tapi, jangan sampai tugasnya banyak terlewat ya! Contoh makanan yang bisa dijual dan pembuatannya tidak terlalu sulit misalnya cookies, pudding, desert box, egg roll, buko pandan, makaroni goreng dengan berbagai bumbu, dan roti bakar, atau mungkin ada ide lain?

2.Online Shop, Reseller dan Dropshipper
Untuk membuka online shop kamu harus mencari barang yang sedang tren saat ini dan kalau bisa barang yang dijual selalu dibutuhkan banyak orang. Usahakan juga mencari barang untuk dijual dengan modal sedikit tetapi menguntungkan. Kamu bisa menjual apa saja mulai dari pakaian, alat tulis, makanan dan lainnya. Barang yang dijual bisa melewati berbagai e-commerce.

Atau semisal kamu tidak ada barang untuk dijual maupun tidak ada modal, kamu bisa menjadi reseller atau dropshipper. Untuk itu kamu harus mencari supplier yang terpercaya dan produk yang sedang tren tentunya.

3.Agen pulsa dengan M-Banking
Menggunakan fasilitas m-banking tentu akan lebih mudah dan tidak menyita banyak waktu ketimbang menjadi agen pulsa di counter. Kamu hanya mengandalkan saldo m-banking dan melakukan penjualan pulsa cukup dengan mentransfer dari m-banking saja. Bisa juga menjualnya melalui aplikasi penjual pulsa.

4.Review produk
Semisal kamu aktif di media sosial dan mempunyai pengikut yang terbilang cukup banyak (miminal ribuan) kamu bisa membuka endorsement. Endorsement merupakan bentuk iklan di mana kita memberi ulasan positif terhadap barang atau jasa yang dipercayakan pemilik produk untuk kita review. Jadi tujuannya membuat barang yang kita review tersebut terbilang menggoda bagi para pengikut kita dan membuat mereka tertarik untuk membelinya.

5.Memanfaatkan hobi
Mempunyai hobi yang menguntungkan juga bisa dicoba tentunya! Selain kamu dapat menjalankan hobi, kamu juga mendapat keuntungan dari hobi tersebut. Misalnya kamu hobi mengedit video, kamu bisa menjadi video editor. Banyak orang yang mencari video editor untuk mempromosikan produk yang ingin mereka jual. Contoh lainnya adalah menulis, kamu bisa menjadi blogger ataupun sekarang banyak jasa penulis lepas yang dibutuhkan dan kamu bisa memanfaatkannya. Fotografi juga bisa menjadi hobi yang menguntungkan. Ketika kamu mempunyai banyak relasi dan kamu memperlihatkan hasil fotografi kamu, nantinya mereka bisa tertarik untuk memakai jasa fotografi kamu. Banyak lho situs-situs online yang memberi peluang usaha untuk menjadi fotografer.

6.Blogger
Untuk kamu yang mempunyai hobi menulis, tentu bisa menjadi blogger. Walau membutuhkan waktu yang tidak sebentar, manjadi blogger dapat sangat menguntungkan karena hanya bermodal bakat dan computer/laptop saja. Memang menjadi blogger tidak dibayar secara langsung, kamu baru bisa mendapatkan keuntungan dari iklan yang tertera dalam blog/ Google AdSense. Tentunya untuk mendapat bayaran dari iklan membutuhkan waktu. Waktunya bisa lama tergantung keuletan dan keseriusan kamu menulis. Boleh jadi blog-mu baru akan mendatangkan pemasukan dari iklan ketika blog-mu minimalnya mendapat pengunjung sekian dalam kurun waktu sekian.

7.Les privat
Kamu yang senang dengan dunia pendidikan, gemar bersosialisasi dan memiliki kemampuan mengajar, boleh coba membuka jasa les privat. Membuka les privat bukan hanya modal pintar yang dibutuhkan, tetapi juga kemampuan memberi ilmu dengan metode yang baik. Les privat bukan hanya pelajaran pokok di sekolah. Jika kamu memiliki keahlian berbahasa asing, entah itu Inggris, Jerman, Prancis atau pun lainnya, kamu bisa membuka les privat bahasa asing. Mahir memainkan alat musik seperti biola, cello, piano, gitar, drum, dsb, juga pasti banyak yang tertarik untuk menggunakan jasa les privat-mu, tentunya.#(LAAL.Foto:crimson education)

Related posts