Kekuatan Maritim Pengungkit Ekonomi Bangsa

Indonesia merupakan negara bahari. Untuk itulah harus dimanfaatkan untuk kemajuan perekonomian bangsa. Caranya dengan mengenal dan membangun kekuatan maritim.

“”Bertepatan dengan Hari Maritim Nasional yang jatuh pada tanggal 23 September 2021, mari kita lebih mengenal kekuatan maritim Indonesia yakni diantaranya: bioteknologi kelautan, perairan dalam, wisata bahari, energi kelautan, perikanan, pelayaran, pertahanan, hingga industri maritim,” jelas Menhub saat menjadi pembicara dalam dialog kemaritiman yang diselenggarakan pada Kamis (23/9)

Pemerintah sendiri seperti dijelaskan Budi, telah berupaya untuk memanfaatkan sumber daya kelautan salah satunya dengan membangun tol laut, transportasi laut dan infrastruktur laut. “ Hadirnya 3 program ini tentu saja membuat keterisolasian antar wilayah bisa terbuka sehingga roda perekonomian bisa terus meningkat. Tidak hanya itu, disparitas harga yang selama ini terjadi di Indonesia Timur juga bisa ditekan dan selaras dengan harga di Pulau Jawa,” kata Budi.

Direktur Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP) Ahmad yang juga menjadi pembicara dalam acara yang digelar secara virtual mengatakan, bahwa sebelum adanya tol laut disparitas harga menjadi salah satu tantangan yang harus dipecahkan oleh pemerintah pusat. “Disparitas sendiri bisa terjadi dikarenakan konektivitas,biaya logistik dan pendanaan sebelum adanya tol laut terbilang tinggi,sehingga mau tidak mau pedagang pun menjualnya dengan harga yang tinggi,” jelas Ahmad.

Ahmad dalam kesempatan tersebut, juga mengucapkan terima kasih kepada Kemenhub, karena dengan adanya tol laut ini masalah disparitas harga bisa teratasi. Tidak hanya itu berkat kerja sama Kemenhub dan PUPR dalam membangun pelabuhan dan transportasi laut, keterisolasian antar wilayah menjadi terbuka, sehingga roda perekonomian masyarakat antar wilayah bisa terus berputar dan meningkat.

Pengamat Maritim Laksda TNI (Purn) Soleman B Ponto sepakat dengan Menhub Budi bahwa kekuatan maritim dapat menjadi pengungkit ekonomi bangsa. Karena kegiatan maritim berhubungan dengan kegiatan pelayaran angkutan barang dan orang melalui laut, yang dilakukan untuk kepentingan ekonomi.

Hal senada juga diungkapan Akademisi Capt. Indra Priyatna. Lebih lanjut dikatakan oleh Indra, Kemenhub berperan penting dalam mendukung kelancaran pengelolaan sumber daya kelautan seperti: perikanan, pertambangan dan energi, transportasi laut, pariwisata, dan potensi SDA kelautan lainnya. Untuk itu Kemenhub harus terus merespon tren perkembangan maritime global dan melakukan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

“ Untuk itulah kami berterima kasih kepada Kemenhub dan juga pemerintah pusat. Karena berkat upaya yang dilakukan, maritim kini bisa membantu meningkatkan perekonomian Indonesia,”tutup Indra.(Hs.Foto.Hs)

 

Related posts