KemenKopUKM Tingkatkan Kreatifitas Pelaku Usaha Wisata Borobudur

Kementerian Koperasi dan UKM bersama dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) bersinergi tingkatkan kreativitas bagi para wirausaha produktif, khusunya di daerah wisata super prioritas Borobudur, Jawa Tengah.

Ketua Bidang Manajemen Usaha Dekranas Suzana Teten Masduki saat membuka Sinergi Program Kementerian Koperasi dan UKM dengan Bidang Manajemen Usaha Dekranas di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Selasa (12/10/21), mengatakan hal tersebut untuk mendorong tingkat entrepreneur di dalam negeri.

“Mendorong para pelaku UMKM untuk membentuk kelembagaan koperasi yang berfungsi sebagai agregator, sehingga pelaku UMKM tidak lagi khawatir bila barang hasil produksi belum terjual sepenuhnya,” kata Suzana.

Suzana menuturkan, selama satu tahun lebih, pandemi mendorong pelaku koperasi dan UMKM untuk beradaptasi dan bertransformasi. Dekranas mendorong para pelaku UMKM nasional untuk memanfaatkan dunia digital dalam mempromosikan produknya.

Ketua Dekranasda Jawa Tengah Siti Atikoh berharap dengan adanya Borobudur sebagai destinasi wisata super prioritas, yang didukung dengan pelatihan-pelatihan bisa dimanfaatkan oleh para pelaku usaha di Jawa Tengah untuk berkolaborasi dan bersinergi agar naik kelas.

“Harapannya para pelaku usaha di sini tidak hanya jadi penonton, tetapi melalui pelatihan-pelatihan yang diadakan ini bisa naik kelas dan siap dipasarkan secara global,” harapnya.

Adapun acara sinergi tersebut meliputi rangkaian kegiatan seperti seperti Sosialisasi KUR, Pelatihan Vocational untuk Usaha Mikro Sektor Pariwisata, Pelatihan E-commerce, Pelatihan Marketing, Coaching Clinic, Bimtek Kewirausahaan, Pelatihan Manajemen Ekspor, dan program strategis lainnya. (Dw.foto.dok. KemenKopUKM)

Related posts