Kementerian Kesehatan Lakukan Uji Coba Starlink di Tiga Fasyankes

Jakarta, GPriority.co.id – Kementerian Kesehatan telah memulai uji coba teknologi internet kecepatan tinggi dari Starlink, penyedia layanan internet dari SpaceX, di tiga Fasilitas Pelayanan Kesehatan (fasyankes). Ini meliputi Puskesmas Pembantu (Pustu) Sumerta Kelod Denpasar, Pustu Bungbungan Klungkung, dan Puskesmas Tabarfane, Kepulauan Aru, Maluku.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan bahwa uji coba koneksi internet Starlink pada hari Minggu telah berjalan dengan baik.

“Berdasarkan video yang ditampilkan di layar, layanan internet Starlink membantu antarfasyankes primer di daerah terhubung dengan baik,” ujar Budi dalam keterangan yang diterima, Senin (20/5).

Menteri Budi juga menambahkan bahwa koneksi internet Starlink telah membantu proses pencatatan data imunisasi, skrining penyakit tidak menular (PTM), dan penimbangan balita secara digital di Aplikasi Sehat IndonesiaKu (ASIK) dengan cepat.

Dia mengungkapkan optimisme bahwa hasil uji coba tersebut akan membuka peluang untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di seluruh puskesmas dan pustu. Hal ini akan memastikan bahwa layanan yang diberikan antara fasyankes di kota dan daerah terpencil memiliki kualitas yang sama.

Chief of Digital Transformation Office Kementerian Kesehatan, Setiaji, dalam kesempatan yang sama, menyatakan bahwa penguatan konektivitas internet akan membuat akses layanan kesehatan menjadi lebih inklusif, menjangkau seluruh wilayah di Indonesia.

“Isu terkait akses internet dapat diatasi, sehingga masyarakat, khususnya di daerah terpencil, dapat menggunakan akses internet untuk mendapatkan layanan kesehatan seperti telemedicine,” ujarnya.

Elon Musk, CEO Starlink, yang turut hadir dalam uji coba tersebut, menyatakan kegembiraannya telah membawa teknologi internet Starlink ke Indonesia. Menurutnya, keberadaan Starlink akan memberikan banyak manfaat konkret bagi Indonesia, terutama dalam menghubungkan pulau-pulau terpencil dengan akses internet.

“Saya menekankan bahwa koneksi internet sangat penting, karena dapat membantu banyak hal,” kata Elon.

Penulis: Ahmad Faqih Zuhair
Foto: Kementerian Kesehatan RI