Kenali, Kelapa Genjah Salah Satu Solusi Menghadapi Krisis Pangan

Jakarta, Gpriority.co.id – Kelapa Genjah menjadi popular setelah Presiden Joko Widodo menganjurkan menanamnya pada medio Agustus 2022. Banyaknya manfaat dan keuntungan dari Kelapa Genjah membuat pemerintah menargetkan sebanyak 1 juta pohon Kelapa Genjah bisa ditanam di seluruh Indonesia. Lantas apa manfaat dari Kelapa Genjah yang ternyata juga banyak varietasnya? Yuk kenali.

Seusai penanaman Kelapa Genjah di Boyolali Agustus silam Presiden Joko Widodo meminta lahan-lahan tidak produktif dapat ditanami dengan Kelapa Genjah sebagai langkah antisipasi krisis pangan dunia. Menurutnya, setelah 2 hingga 2,5 tahun Kelapa Genjah sudah dapat dinikmati buahnya. Dalam satu pohon, sebutnya bisa terdapat 180 buah. Buah Kelapa Genjah, jelasnya, dapat dibuat menjadi gula semut dan minyak kelapa. Buahnya pun dapat dijual untuk minuman segar. Presiden menargetkan 1 juta Kelapa Genjah bisa ditanam di seluruh wilayah Indonesia.

Dirangkum dari berbagai laman pertanian/ perkebunan diketahui buah Kelapa Genjah memiliki kualitas yang bagus, daging buah cenderung lebih lembut, dan kandungan air kelapa pada varietas ini lebih banyak dibandingkan jenis kelapa yang lain. Apabila dipelihara dengan benar, umur Kelapa Genjah dapat mencapai 50 tahun dengan masa produktif selama 25 tahun. Secara umum, Kelapa Genjah juga memiliki batang pendek sekitar 12 meter dan ukuran buah kecil maksimal 1,5 kg/butir. Kelapa Genjah Entok misalnya memiliki postur tubuh mini dan pendek. Tinggi batang kelapa genjah hanya sekitar 3-4 meter. Pertambahan tinggi tanamannya terhitung lambat hanya berkisar 40-50 cm per tahun. Tinggi batang pada masa akhir umur produktif tidak lebih dari 10 meter, dengan bentuk batang mulai dari pangkal sampai dengan ujung batang sama besar. Mengingat tidak terlalu tinggi, Kelapa Genjah nyatanya cocok ditanam di pekarangan rumah. Penanaman kelapa genjah di pekarangan rumah dapat memberikan manfaat ekonomi bagi petani kelapa Indonesia. Dalam prosesnya tentu butuh kerjasama dan dukungan serta kolaborasi dari semua pihak.

Selain Kelapa Genjah Entok, di Indonesia sendiri terdapat beragam varietas Kelapa Genjah. Diantaranya Kelapa Genjah Salak asal Kalimantan Selatan, Kelapa Genjah Kuning Bali, Kelapa Genjah Kuning Nias, Kelapa Genjah Raja yang berasal dari Maluku Utara, Kelapa Genjah Coklat, Hijau dan Kuning Kopyor yang berasal dari Kabupaten Pati serta Kelapa Genjah Pandan Wangi yang berasal dari Kabupaten Serdang Bedagai. (PS/dbs)

Related posts