Ketua DPRD Melawi Berkomitmen Majukan Melawi

Widya Hastuti dipercaya menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat sejak 18 Oktober 2019. Ia dikenal sebagai sosok yang perhatian dan peduli kepada masyarakatnya juga berkomitmen memajukan Kabupaten Melawi.

Adapun kepeduliannya terhadap masyarakat dapat dilihat dari kunjungan kerja yang kerap dilakukan oleh Widya. Salah satunya, ketika Widya bersilahturahmi ke Desa Hulu, Kecamatan Menukung (23/3/2020). Dalam kunjungan tersebut Ia mendengar keinginan, aspirasi, dan juga kritikan dari masyarakat. Kegiatan tersebut menjadi salah satu cara dalam membenahi daerah yang Ia pimpin.

Selain itu, selama masa pandemi Covid-19 ini, Widya Hastuti juga memberikan contoh kepada masyarakat dengan menjadi orang pertama di Kabupaten Melawi yang menjalankan vaksinasi Covid-19 di Ruang tunggu Kantor Bupati Melawi, (2/2/2021).

Untuk memaksimalkan penanganan dan penanggulangan Covid-19 di Melawi, Widya juga mengusulkan rumah dinasnya yang beralamat di jalan Kota Baru kilometer 3 Nanga Pinoh untuk dijadikan tempat Posko isolasi mandiri. Widya juga mengajak agar masyarakat memberikan informasi yang jujur terkait Covid-19 agar penanganannya bisa lebih cepat dan penyebaran Covid-19 bisa diatasi.

“Kejujuran dengan petugas akan lebih baik dalam penanganan awal Covid 19. Agar masyarakat paham jika virus ini bukanlah Aib. Namun lebih pada bagaimana kita menyelamatkan banyak orang,” ujarnya.

Kemudian untuk memajukan daerahnya, Widya bekomitmen dalam melengkapi, membangun, serta memperbaiki infrastruktur seperti akses jalan dan jembatan, mulai dari jalan protokol hingga kepedalaman. Selain itu juga sarana pendukung di bidang pendidikan, kesehatan, lapangan kerja, kebudayaan dan sosial kemasyarakatan juga turut menjadi perhatiannya.

“Sampai saat ini kita masih tetap fokus dengan penanganan Covid-19, sembari bergandengan erat dengan pemerintah untuk melanjutkan pembangunan-pembangunan di Kabupaten Melawi,” ujarnya.

Widya mengaku ia menjabat sebagai ketua DPRD sejak pandemi Covid-19 datang ke Indonesia termasuk Kabupaten Melawi. Hal tersebut menjadi salah satu alasan banyak hal yang tidak berjalan dengan mulus salah satunya pembangunan. Meskipun begitu, Widya terus berusaha melakukan yang terbaik demi Kabupaten Melawi.

Widya kerap menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) yang ada di wilayahnya. Salah satunya Widya menghadiri kegiatan Musrenbang Tingkat Kecamatan Pinoh Utara (1/2/2021). Dalam kegiatan tersebut Widya mendengar aspirasi masyarakat dan mendorong pembangunan infrastruktur yang ada di daerah agar bisa terealisasi.

Widya Hastuti, mengatakan alasan pembangunan di Kecamatan Pinoh Utara terhambat, dikarenakan proses mengangkut bahan material yang sulit. Widya juga menuturkan pembangunan Jembatan Melawi II akan dilanjutkan di tahun 2021, sehingga diharapkan dengan selesainya pembangunan jembatan ini bisa mendorong pembangunan di Kecamatan Pinoh Utara.

Selain itu, saat ini sekretariat DPRD Melawi telah menyediakan inovasi dalam menyampaikan aspirasi dan aduan masyarakat ke DRPD yaitu LASIMPAT (Layanan Aduan, Aspirasi Masyarakat Cepat dan Tepat) yang di-launching pada Selasa (08/06/2021) di Ruang Rapat Komisi DPRD Kabupaten Melawi. Yang mana aplikasi LASIMPAT ini memudahkan masyarakat yang ingin menyampaikan aduan, aspirasi, ataupun saran dan masukan kepada DPRD Melawi.

Banyak kegiatan yang sering dilakukan Pemerintah Daerah Melawi untuk membahas tentang kesejahteraan rakyatnya. Terakhir pada Jum’at (16/07/2021), DPRD Melawi mengadakan Rapat Paripurna Ke IX Masa Sidang Kedua Tahun 2021.

Rapat yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Melawi, Hendegi Januardi UY, membahas tentang Penyampaian Pendapat Akhir Fraksi-Fraksi DPRD Kabupaten Melawi serta Pengambilan Keputusan Persetujuan dan Penandatanganan Persetujuan DPRD Kabupaten Melawi terhadap Raperda Kabupaten Melawi tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Melawi Tahun Anggaran 2020.

Sebelumnya DPRD Melawi juga mengadakan Rapat Paripurna Ke IV Masa Sidang Kedua tahun 2021 dipimpin oleh Widya Hastuti pada Rabu (23/06/2021), membahas tentang Penyampaian Raperda tentang Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Melawi Tahun Anggaran 2020.(adv)

Related posts