Ketua PMI Jusuf Kalla: Covid-19 Penyebarannya 3 kali Lebih Cepat

Jakarta,gpriority-Saat menjadi pembicara salah satu seminar secara virtual pada Selasa (19/5) Ketua PMI H.M Jusuf Kalla mengatakan,penyebaran virus corona saat ini dinyatakan 3 kali lebih cepat dibanding penyebaran pada awal tahun 2020 yang lalu.

” Semenjak awal penyebarannya yaknu januari 2020, Covid-19 kini lebih cepat penyebarannya,” ucap JK.

JK pun lalu memberikan data pada saat penyebaran nya di bulan januari dan saat ini. Dalam data tersebut tercatat sudah hampir 5 juta orang yang terinfeksi di seluruh dunia.

” Itu artinya dalam waktu 2 setengah bulan ada 1 juta orang pertama yang terinfeksi lalu 1 juta orang yang ke dua hanya butuh 16 hari penyebaran nya dan 1 juta orang ke 3 hanya butuh waktu 14 hari untuk menginfeksi di dunia,” lanjut JK.

JK memprediksi bahwa nanti akan ada penambahan lagi sampai dengan 5 juta dalam 2 sampai 3 hari ke depan. Dan angka inilah yang harus diantisipasi oleh para pemimpin negara.

JK dalam seminar tersebut juga menekankan lebih baik pemerintah melakukan langkah-langkah pencegahan dibandingkan dengan fokus ke pengobatan karena menurut JK pengobatan adalah opsi terakhir dari pandemi Covid-19.

JK juga mengatakan, bahwa positif Covid-19 di Indonesia pertanggal 18 mei 2020 ada sebanyak 18.010 Orang yang sudah positif. Hal ini mengalami kenaikan sebesar 496 orang lalu 4.324 orang yang sembuh mengalami kenaikan 195 orang dan yang meninggal dunia sebanyak 1.191 orang yang meninggal dunia atau mengalami kenaikan 43 orang.

” Untuk itulah masyarakat harus mematuhi protokol kesehatan yang dibuat pemerintah sehingga Covid-19 bisa teratasi,” tutup JK.(Hs)

Related posts