Kue 8 Jam Khas Palembang, Lemak Nian

Sumatera Selatan memang dikenal dengan kuliner khasnya yaitu pempek. Padahal, masih banyak makanan tradisional lainnya yang menarik untuk dicoba. Salah satunya, kue 8 jam. Kue khas Palembang ini selalu disajikan saat momen lebaran.

Menurut sejarah, kue 8 jam merupakan kudapan istimewa para bangsawan di era Kesultanan Palembang. Nama 8 jam diambil dari cara pembuatannya yang membutuhkan waktu delapan jam hingga matang.

Harga kue 8 jam memang tidak murah, namun setelah mencicipi rasa dan proses pembuatannya yang lama, harga mahal tersebut seolah terbayarkan dengan kelezatannya. Kue ini dapat bertahan selama satu bulan jika disimpan di lemari pendingin. Agar tidak menguragni kelezatannya, hanya memotong sesuai kebutuhan. Panaskan kue dengan microwave, diamkan sejenak di suhu ruangan sebelum dipanaskan.

Bahan utama kue ini adalah telur bebek yang banyak, gula pasir, mentega, dan susu kental manis. Umumnya, tidak menggunakan tepung terigu. Cara membuatnya yakni kue dikukus selama 8 jam dengan teknik pengapian tidak terlalu besar. Rajin dibuka tutup agar permukaan tetap rata. (VIA)

Related posts