Burung Puyuh Ramai Peminat Sepi Peternak

Tidak hanya telurnya saja, daging burung puyuh pun enak dikonsumsi. Tak ayal ini membuat daging dan telur burung puyuh banyak diminati konsumen.

Sayangnya ketersediaan daging dan telur burung puyuh menurut Somad salah seorang pedagang di Pasar Serpong yang ditemui Minggu pagi (29/8/2021) menurun. Hal ini disebabkan semakin menipisnya stok daging dan telur burung puyuh dipasaran.

Menyikapi kejadian ini, Somad yang juga peternak burung puyuh mengajak kepada masyarakat semua untuk turut serta beternak burung puyuh.” Ya, selain untuk mengisi waktu luang, beternak burung puyuh juga bisa menghasilkan tambahan uang, apalagi panennya cepat yakni 3 bulan,” tegas Somad.

Untuk langkah-langkah yang harus disiapkan saat beternak, yang pertama memastikan lokasi ternak jauh dari ancaman hama dan mangsa.Hal ini penting menjadi pertimbangan awal yang harus Anda lakukan. Tentunya ini demi suksesnya usaha Anda dan menghindari kerugian yang bakal terjadi akibat dari beberapa ancaman tersebut.Selain itu, pilih lokasi yang memiliki sirkulasi udara bersih, dekat sumber air bersih, jauh keramaian, dan strategis tempatnya.

Kedua,memastikan kalau bibit atau anak puyuh yang Anda ternak mempunyai kualitas yang bagus alias unggul.Pada tahap ini juga bagian cara ternak puyuh petelur yang sangat penting. Untuk itu pastikan kualitas puyuh tersebut. Hal itu untuk menghindari kerugian yang terjadi akibat dari asal pilih jenis puyuh.

Sedangkan untuk ciri-ciri burung puyuh yang unggul, pilih puyuh yang memiliki badan sedang, tidak terlalu gemuk atau kurus. Pilih juga yang mempunyai warna bulu cerah, lincah gesit aktif, dan tidak ada kecacatan.

Ketiga,Untuk menjaga kesehatan burung tersebut, kita perlu memberikan perawatan dan pengontrolan kesehatan mereka caranya dengan memberikan vaksinasi dan membersihkan kandang. Dan terakhir memberikan pakan tiga kali sehari.Selamat mencoba.(Hs.Foto.dok.Pribadi)

Related posts