Kulineran Malam Sambil Nonton Pagelaran Seni Budaya Purwakarta

Jakarta, GPriority.co.id – Malam Minggu jadi waktu yang pas menghabiskan waktu bersama teman, keluarga, atau kekasih untuk mengunjungi suatu tempat. Jika Anda sedang berada di Purwakarta, tidak ada salahnya untuk mengunjungi salah satu lokasi kuliner malam yang ada di sepanjang Jl. KK. Singawinata. Lokasi kuliner tersebut tidak lain adalah Wisata Kuliner Tjeplak atau Wiskul Tjeplak.

Diketahui bahwa titik mula salah satu acara car free night Purwakarta ini bermula di pertigaan bank BTN hingga Taman Air Mancur Sri Baduga. Wisata kuliner ini diadakan rutin setiap Sabtu malam dan tidak pernah berpindah lokasi.

Namun karena Covid-19, Wiskul Tjeplak sempat tidak diselenggarakan selama 2 tahun terakhir. Hingga pada 11 Juni 2022, secara resmi Wiskul Tjeplak kembali diadakan dan tetap hadir di waktu yang sama yaitu setiap Sabtu malam.

“Kalo wiskul itu acara mingguan yang bakal ada terus kalo ga ada gangguan,” kata warga Purwakarta, Oka Mochamad Ocktafian Setiadi yang diwawancarai secara online, Jumat, 1 Juli 2022.

Ia juga mengatakan bahwa pada saat mengunjungi Wiskul Tjeplak, ia kerap melihat pertunjukan tari-tarian daerah yang memang sudah jadi ciri khas dari wisata kuliner tersebut. Pertunjukan yang dipentaskan tidak hanya menampilkan tari-tarian tetapi juga live musik yang diketahui selalu ada disaat Wiskul Tjeplak berlangsung.

“Kalo yang pernah liat mah sih lomba nari tradisional gitu di depan Stasiun Kopi,” kata Oka melalui pesan singkat Line.

Tentunya hal ini menjadi nilai tambah bagi Wiskul Tjeplak untuk menarik perhatian masyarakat lokal Purwakarta ataupun masyarakat luar lainnya yang sedang berkunjung ke daerah tersebut.

Makanan yang dijual oleh pedagang di wiskul juga beragam, mulai dari makanan khas Purwakarta seperti sate maranggi hingga simping dan kuliner lainnya yang dapat dibeli dengan harga terjangkau.

“Makanan kebanyakan sih campuran, cuman kalo untuk makanan khas Purwakarta mungkin ada beberapa kaya sate maranggi sama simping,” ujar mahasiswa STT Wastukancana Purwakarta tersebut.

Oka mengaku bahwa Wiskul Tjeplak bagus untuk masyarakat yang masih awam tentang Purwakarta terlebih mengenai makanan khas dan budaya setempat seperti mengenai tarian daerah. Ia berharap agar Wiskul Tjeplak semakin ramai pengunjung dan semakin banyak pertujukan menarik yang bermanfaat, sebab Wiskul Tjeplak menjadi acara yang dinantikan oleh banyak orang.

“Belom pernah ke sana lagi sehabis pandemi ini tapi wiskul itu acara mingguan yang dinanti-nanti,” jelas Oka dalam teks pesan singkatnya.

“Selain pengunjung menikmati hiburan dan kuliner, disana penjual juga kembali mendapatkan mata pencaharian tambahan atau sampingan,” sambungnya. (Gs.Foto.dok.pribadi)

Related posts