Resep Sate Kambing Balanga Khas Gorontalo untuk Sajian Idul Adha

Jakarta, GPriority.co.id – Masyarakat Gorontalo biasa memanfaatkan persediaan daging kambing yang melimpah saat perayaan Idul Adha untuk membuat hidangan khas ‘Sate Balanga’.

Belanga atau Balanga sendiri sebenarnya merupakan wadah masak berbahan tanah liat atau besi yang sudah ada sejak zaman dahulu.

Sate Balanga merupakan hidangan khas Gorontalo yang diadaptasi dari kuliner Arab sehingga hidangan ini biasanya disantap sebagai lauk nasi kebuli. Penyajian Sate Balanga juga tidak ditusuk seperti sate pada umumnya.

Untuk membuat Sate Balanga, sangat mudah. Anda hanya perlu menyiapkan bumbu-bumbu seperti daging kambing, garam, air, lada, kecap, bawang merah, bawang putih, jahe, ketumbar, serai, dan cabai (sesuai selera).

Cara memasak Sate Balanga adalah sebagai berikut:
Pertama, potong-potong daging kambing menjadi beberapa bagian kecil.

Setelah itu, tumis bawang merah dan bawang putih yang telah dihaluskan sampai sedikit kecoklatan atau sampai tercium aromanya.

Kemudian, masukkan cabe, jahe, ketumbar, dan serai yang telah dihaluskan.

Masukkan daging yang telah dipotong-potong, aduk rata.                

Tambahkan kecap manis, garam dan lada sesuai selera.

Tambahkan sedikit air dan masak sampai empuk.

Sate Kambing Balanga siap disajikan.

Sate Balanga ini bisa menjadi pilihan menu baru untuk dihidangkan jika Anda bosan dengan olahan daging kambing yang sama setiap tahun. (Vn.Foto.Istimewa)

Related posts