Kunjungi 3 Negara ASEAN di Awal 2024, Berikut Rangkuman Agenda Presiden Jokowi

Jakarta, GPriority.co.id – Awal tahun 2024, Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke tiga negara ASEAN. Diantaranya, Filipina, Brunei Darussalam, dan Vietnam. Agenda kunjungan kerja Presiden Jokowi kali ini dimulai dari tanggal 9-14 Januari 2024.

Dalam kunjungan kerjanya, Presiden Jokowi mengawali perjalanan ke negara Filipina, dalam rangka peringatan 75 tahun hubungan diplomatik antara negara Indonesia dengan negara tersebut.

Pada kesempatan itu, digunakan Presiden Jokowi sebagai momentum memperkuat kerja sama konkret antar kedua negara di berbagai bidang. Seperti percepatan revisi border patrol agreement, border crossing agreement, dan penyelesaian batas landas kontinen, serta penguatan kerja sama pertahanan, termasuk alutsista.

Tak hanya itu, Presiden Jokowi juga meminta dukungan Filipina terkait tindakan pengamanan terhadap produk kopi Indonesia, serta sepakat untuk memperkuat kesatuan dan sentralitas ASEAN.

Presiden juga menyampaikan apresiasi atas kepercayaan Filipina kepada badan usaha milik negara (BUMN) Indonesia untuk membangun infrastruktur penting di negara tersebut.

Di Filipina, Presiden Jokowi juga mengunjungi industri pengolahan rumput laut di W Hydrocolloids Inc, dan menilai bahwa Indonesia juga memiliki peluang besar untuk mengembangkan industri pengolahan rumput laut.
Setelah bertandang ke Filipina, tujuan selanjutnya dari agenda kunjungan kerja Presiden Jokowi adalah ke negara Vietnam.

Presiden Jokowi diagendakan untuk bertemu sejumlah pemimpin Vietnam yaitu Presiden Vietnam Võ Văn Thưởng, Perdana Menteri Vietnam Phạm Minh Chính, hingga Presiden Majelis Nasional Vietnam Vương Đình Huệ.
Di Vietnam, agenda pertama Presiden Jokowi adalah mengunjungi Monumen Pahlawan Nasional Vietnam dan Mausoleum Ho Chi Minh di Hanoi.

Presiden Jokowi mengikuti prosesi upacara penyambutan kenegaraan yang diawali dengan lagu kebangsaan kedua negara, dengan diiringi dentuman Meriam sebanyak 21 kali. Selanjutnya, kedua pemimpin melakukan inspeksi pasukan kehormatan.

Indonesia dan Vietnam sepakat untuk meningkatkan kerja sama di sejumlah bidang. Antara lain dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi, serta bidang perikanan yang ditandai dengan pertukaran nota kesepahaman antara kedua negara.

Presiden Jokowi menyambut baik kerja sama teknologi, informasi, dan komunikasi untuk mendorong kemajuan industri digital kedua negara. Presiden Jokowi menuturkan bahwa Indonesia dan Vietnam telah menyepakati kerja sama di bidang ekosistem mobil listrik dan baterai, serta transisi energi.

Sementara itu, terkait kunjungan kerja ke Brunei Darussalam, Presiden Jokowi akan bertemu dengan para pengusaha Brunei serta menghadiri undangan pernikahan putra Sultan Hassanal Bolkiah yaitu Pangeran Abdul Mateen.

Foto : Sekretariat Negara