Kunjungi KBRI Helsinki, Gubernur Kaltara Jajaki Peluang Kerja Sama dengan Finlandia

Jakarta, GPriority.co.id – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Dr (HC) H. Zainal A Paliwang diundang KBRI Helsinki, Finlandia dalam rangkaian kegiatan Indonesia Finland Festival (IFF) 2024. Gubernur Zainal yang hadir bersama istri dan rombongan diterima oleh Duta Besar RI untuk Helsinki, Ratu Gayatri pada Rabu (19/6) lalu.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Zainal menyampaikan apresiasi kepada KBRI Helsinki karena telah mengundang Kaltara dan menerima langsung secara baik di Wisma Duta. Zainal menuturkan, Kaltara terus belajar untuk menjadi daerah yang maju dan sejahtera sesuai visi misi kami 2021-2026.

“Seperti yang dikatakan ibu Dubes tadi bahwa Finlandia memiliki tata kelola pemerintahan yang baik untuk berbagai sektor utama kehidupan warganya yaitu pendidikan, kesehatan, transportasi dan lingkungan. Di sini kami juga membawa kepala dinas pendidikan, kesehatan, kepala biro tata pemerintahan dan dari DPMPTSP untuk bisa belajar secara langsung bagaimana sistem tersebut,” kata Gubernur Zainal dalam rilis resmi Pemprov Kaltara yang diterima GPriority, Minggu (23/6).

Menurutnya, sistem yang baik akan menciptakan tata kelola birokrasi yang baik bagi warganya. Setelah sistem yang baik itu terwujud, maka akan menciptakan kepercayaan yang tinggi pada sektor ekonomi dan investasi.

Disamping itu, Gubernur Zainal juga mengajak Dubes Ratu Gayatri untuk berkungjung ke Provinsi Kaltara.

“Kami juga berharap ibu Dubes bisa berkunjung ke Kaltara untuk melihat langsung bagaimana kondisi di sana. Kaltara adalah provinsi yang memiliki small vilage but big potential,” harapnya.

Sementara itu, Ratu Gayatri mengatakan pihaknya merasa terhormat dan bangga karena dikunjungi langsung oleh Gubernur Kaltara beserta istri dan rombongan.

“KBRI Helsinki tidak terlalu besar, jumlah staf lebih kurang 16 orang semuanya, jadi mohon maaf jika ada pelayanan kami yang kurang dalam kunjungan ke Helsinki,” ungkapnya.

Dijelaskan Ratu, Helsinki atau Finlandia adalah negara yang populasinya cukup kecil, sekitar 5,5 juta saja. Namun negara ini memiliki sistem tata kelola pemerintahan yang sangat baik, sehingga mampu menjamin kebahagiaan atau kepuasan warganya. Hal tersebut bisa terlihat pada pelayanan pendidikan, kesehatan, transportasi dan lingkungan yang relatif terjangkau dan aman.

Untuk diketahui, IFF diselenggarakan dalam rangka memperingati hubungan bilateral Indonesia dan Finlandia yang ke-70. Kedua negara sudah memiliki hubungan diplomatik yang baik sejak 70 tahun yang lalu dan diharapkan akan terus dikembangkan untuk di berbagai sektor kehidupan nantinya.

Adapun, belum lama ini Menteri Luar Negeri Indonesia dan Finlandia sudah menandatangani MoU untuk penguatan kerjasama di bidang ekonomi, pendidikan, smart city dan energy terbarukan. Nilai investasi kedua negara juga tumbuh pesat pada 2023 lalu yakni mencapai USD 713 juta atau setara 22 persen. Sektor yang menjadi konsen kedua negara kedepan adalah mendorong peningkatan investasi pada smart city dan energy terbarukan.

Selain itu, Pemerintah Provinsi Kaltara juga menyelenggarakan side event berupa business meeting dan diaspora di hotel Scandic Simonkenta Helsinki.

Foto: Pemprov Kaltara