Majukan UMKM, Kemendagri Siap Gelar Indonesia Maju Expo & Forum 2024 pada 4 Juli-7 Juli 2024

Jakarta, GPriority.co.id – Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), bakal menggelar Indonesia Maju Expo & Forum 2024 sebagai bentuk dukungan Kemendagri terhadap pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Rencananya, pameran UMKM tersebut akan berlangsung mulai tanggal 4 hingga 7 Juli di Jakarta Convention Center (JCC).

“Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat tercipta ruang komunikasi yang konstruktif dan sarana untuk meningkatkan produksi guna memenuhi kebutuhan dalam negeri serta menarik minat investasi,” ujar Pelaksana Harian Direktur Kewaspadaan Nasional Ditjen Polpum Kemendagri, Andi Baso Indra, dalam keterangan resmi, Rabu (12/6).

Andi mengatakan, UMKM merupakan pilar penting bagi pembangunan ekonomi Indonesia yang terus didorong agar naik kelas. Dengan begitu, UMKM mampu memberikan kontribusi lebih besar bagi perekonomian dan menyerap tenaga kerja lebih banyak.

Menurut dia, Indonesia Maju Expo dan Forum 2024 merupakan upaya pemerintah dalam mempertemukan produsen dengan konsumen dan melalui kegiatan ini diharapkan tercipta hubungan bisnis yang saling menguntungkan di antara keduanya.

“Ujung-ujungnya nanti bagaimana mempertemukan antara produsen dengan konsumen, kemudian juga nanti dari bisnis kemudian dengan masyarakat yang akan membeli mungkin produk itu, itu kan bagian dari upaya pemerintah,” ujarnya.

Selain itu, perlunya dukungan dari berbagai pihak dalam menyukseskan kegiatan tersebut karena ajang Indonesia Maju Expo & Forum 2024 dapat menjadi wadah bagi para pemangku kepentingan untuk ikut andil menumbuhkan perekonomian melalui seni budaya dan UMKM.

“Untuk itu, kami ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung terlaksananya acara ini,” kata Andi.

Andi juga mendorong seluruh pemerintah daerah turut menyukseskan kegiatan tersebut. “Kami mendorong pemerintah daerah untuk memberikan dukungan yang maksimal kepada penyelenggaraan kegiatan ini,” ucapnya.

Foto: ANTARA FOTO/ZABUR/FOC