Masuk PPKM Level 3, Sumbar Salurkan 3.462.400 Kg Beras

Untuk membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Pemerintah Provinsi Sumatera Barat salurkan bantuan beras.

Hal tersebut terlihat saat peluncuran bantuan beras PPKM tahun 2021 untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Sosial Tunai (BST) se Provinsi Sumbar oleh Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) diwakili Kepala Dinas Sosial Jumaidi, di Gudang Bulog Kanwil Sumbar, Rawang, Kota Padang, Kamis (29/7/2021).

Masyarakat yang terdata sebagai KPM PKH dan BST masing-masing akan mendapat bantuan sebanyak 10kg beras jenis premium.

Pimpinan Wilayah Bulog Kanwil Sumbar Tommy Despalingga menyebutkan, total kuota beras untuk bantuan PPKM di Sumbar sebanyak untuk 346.240 KPM, yang terdiri dari 170.396 PKH dan 175.844 BST.

Menurut Tommy Stok beras yang ada di seluruh gudang Bulog lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan bantuan beras PPKM di Sumbar.

“Sisa stok beras yang ada diseluruh gudang Bulog Sumbar per 28 Juli 2021 sebanyak 9.257,5 Ton dan akan masuk lagi 1.200 Ton, sehingga total stok ada 10.457,5 Ton. Jadi insyaallaah stok aman sampai Oktober nanti,” kata Tommy.

Selain bantuan beras PPKM, Tommy mengatakan bahwa Bulog juga membantu beras untuk yang lain seperti bencana alam, dan pihaknya siap berapapun dibutuhkan.

Berdasarkan delivery order (DO), Tommy menuturkan hingga 28 Juli 2021 realisasi penyaluran beras bantuan PPKM, telah mencapai 756.750 kg atau 21,9 persen dari total bantuan.

Tommy juga menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas dukungan Pemerintah Provinsi Sumbar dan juga PT. Pos Indonesia sehingga penyaluran beras bantuan PPKM dapat berjalan lancar.

Penyaluran Bansos sekaligus beras bantuan PPKM telah dimulai sejak 24 Juli lalu dan terus dilakukan hingga 31 Juli nanti.

Selain itu, Kadis Sosial Provinsi Sumbar Jumaidi yang sebelumnya meninjau stick beras di gudag Bulog menyampaikan terimakasih atas penyaluran beras bantuan PPKM dari Bulog melalui PT. Pos dan menghimbau kabupaten kota agar mempercepat proses penyaluran sehingga bisa segera dimanfaatkan masyarakat yang terdampak kebijakan PPKM.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, saya menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Pusat melalui Bulog dan PT. Pos atas penyaluran beras bantuan ini. Bantuan ini tentu sangat besar artinya bagi masyarakat Sumbar yang merasakan dampak pandemi ini. Mudah-mudahan wujud perhatian pemerintah ini bisa segera sampai dan dinikmati masyarakat,” ungkap Jumaidi.

Diketahui pemberlakuan PPKM di 18 Kabupaten di Provinsi Sumatera Barat memasuki level ke 3, dan Kota Padang menjadi satu-satunya wilayah yang di Sumatera Barat yang menerapkan PPKM level 4. (dwi)

Related posts