Mengenal Arti Warna Petunjuk Jalan Biru dan Hijau di Tol

Bagi Anda yang melintas di jalan tol, tentu sering melihat petunjuk jalan besar yang terpampang di atas maupun samping kiri jalan.

Saat melihat petunjuk jalan tersebut, pernah tidak terlintas dipikiran Anda mengenai warna biru dan hijau yang menjadi background petunjuk jalan? Jika tidak, alangkah baiknya mengetahuinya pada saat ini mengingat dua warna tersebut memiliki arti penting yang tidak boleh dilanggar oleh pengemudi di jalan tol.

Dijelaskan oleh Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero), Dwimawan Heru dalam siaran persnya beberapa waktu yang lalu, warna hijau dan biru bukan sekedar background penunjuk jalan saja melainkan memiliki arti penting yang tertuang di dalam Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia No 13 Tahun 2014 tentang tentang Rambu Lalu Lintas 

“ Bagi Anda yang menemukan petunjuk jalan berwarna hijau, itu tandanya pengemudi bisa memilih mau melintasi jalan tersebut atau tidak, sementara untuk yang warna biru merupakan tanda perintah agar pengemudi tetap berada di jalur yang ditunjukkan untuk menuju suatu wilayah,” jelas Heru.

Jasa Marga berharap dengan banyaknya orang yang tahu mengenai arti warna hijau dan biru diharapkan bisa mengurangi resiko kecelaakaan. (Hs.Foto.Istimewa)

  

Related posts