Mengenal Ketua DPRD Melawi, Widya Hastuti

Ketua Dewan Pimpinan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat saat ini dijabat oleh Widya Hastuti dari Partai NasDem, dengan masa jabatan 2019-2024.

Pada pemilu 2019 lalu, Widya Hastuti berhasil meraih suara terbanyak yakni 4.333 suara, dan sukses meraih enam kursi di legistatif dari daerah pemilihan Melawi 2, yang meliputi Kecamatan Ella Hilir dan Kecamatan Menukung.

Widya yang merupakan Sekretaris DPD NasDem Kabupaten Melawi sekligus ketua Garda Wanita (Garnita) Malahayati Partai NasDem, dilantik pada tanggal 9 September 2019 sebagai Ketua DPRD Melawi sementara bersama dengan Wakil Ketua DPRD sementara, Hendegi Januardi UY, dan 30 anggota DPRD Kabupaten Melawi periode 2019-2024, di ruang paripurna DPRD Melawi.

Kemudian DPP Partai Nasdem mengeluarkan Surat Keputusan (SK) dan dilayangkan kepada DPW Partai Nasdem Kalbar, kemudian secara resmi menetapkan Widya Hastuti menjadi ketua DPRD Kabupaten Melawi definitif atau tetap.

Dan pada tanggal 18 Oktober 2019, Widya Hastuti melakukan pengambilan sumpah jabatan yang dilakukan oleh Ketua Pengadilan Negeri Sintang, Yogi Dulhadi di ruang sidang DPRD Kabupaten Melawi. Bersama dengan dengan dua wakil ketua DPRD Melawi yang juga ikut melakukan pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan, yakni Wakil Ketua I Hendegi Januardi UY dari Partai PAN, dan Wakil Ketua II Abang Ahmadin dari Partai Golkar.

Menurut Widya, keterlibatannya menjadi Ketua DPRD Melawi ini tak lepas dari dukungan masyarakat dan juga amanat dari partai yang harus Ia emban.

“Saya berterima kasih diberikan kesempatan dalam memimpin sebagai Ketua DPRD di Kababupaten Melawi oleh partai NasDem. Semoga Kabupaten Melawi bisa lebih maju dan lebih baik,” kata Widya saat dihubungi Gpriority.

Perempuan asli Melawi asal Landau Leban yang lahir pada tanggal 10 September 1986 ini, merupakan politikus wanita pertama dari Fraksi Partai Nasdem di Kalimantan Barat. Keikut sertaanya dalam berpolitik dan memilih berdiri di Partai Nasdem karena adanya peluang dan ingin memajukan daerah kelahirannya.

“Saya Melihat ada peluang di partai NasDem saat memutuskan bergabung, yang mana dari dapil 2 Kecamatan Ella dan Menukung belum ada keterwakilan dari partai NasDem,” ujarnya.

Widya menyebutkan bahwa sebelumnya tak pernah terbersit dalam benaknya untuk terjun ke dunia politik, ditambah lagi dengan latar belakang keluarganya yang merupakan seorang pembisnis. Namun karena itikad baiknya yang ingin mengabdikan diri kepada masyarakatlah yang membuatnya ikut berpolitik.

“Ingin berkontribusi, mempersembahkan diri mengabdi kepada masyarakat untuk perubahan yang lebih baik,” tuturnya.

Widya Hastuti juga dikenal oleh masyarakat sebagai sosok yang perhatian dan peduli kepada masyarakatnya juga mempunyai komitmen dalam memajukan Kabupaten Melawi.

Meskipun sibuk berpolitik, Widya juga tak melupakan perannya sebagai istri sekaligus ibu dalam keluarganya. Widya yang merupakan istri dari Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Melawi, dr. Ahmad Jawahir ini mengaku selalu meluangkan waktunya untuk keluarga.

“Alhamdulillah sampai hari ini tidak ada hal yg terganggu antara keluarga dan pekerjaan, Tentunya weekend masih tetep bisa full bersama keluarga,” tutup Widya.(Adv)

Related posts