Mengenal Mesin Zerocov dan Fungsinya

Saat membaca judul di atas, Anda pasti bertanya apa sih yang dimaksud dengan mesin Zerocov dan siapa yang merekomendasikannya.

Berdasarkan siaran pers yang diterima dari Kombik Kemenparekraf beberapa waktu lalu, mesin Zerocov (Zero Covid) adalah alat sanitasi udara yang diproduksi oleh Indonesia dan diperkenalkan oleh BRIN.

Zerocov merupakan kombinasi dari tiga teknologi yakni disinfektan,sinar ultraviolet dan ion negatif.” Alat ini sendiri berfungsi untuk melindungi dan menyerang mikroorganisme seperti virus dan bakteri secara aktif,” jelas Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno dalam siaran persnya beberapa waktu yang lalu.

Sandiaga Salahuddin Uno juga menjelaskan dengan hadirnya alat ini maka industri perhotelan dan juga MICE akan semakin aktif menyelenggarakan kegiatan dikarenakan bakteri dan virus tidak akan berani menyerang manusia.

Wirawan Darmana Penemu Zerocov
Lantas siapakah penemu Zerecov/ Dilansir dari siaran pers Kemenparekraf, yang menemukannya adalah seorang pemilik peternakan ayam di Ciawi Jawa Barat bernama Wirawan Darmawan.

Tahun 2004, Wirawan memproduksi alat ini untuk melindungi ayam-ayamnya dari virus flu burung. BRIN yang mengetahui bahwa Wirawan mempunyai alat yang sangat canggih segera mengontak untuk melakukan kerja sama. Wirawan pun mau maka di tahun 2020, Wirawan bersama dengan periset dan peneliti dari pusat riset elektronika dan telekomunikasi BRIN langsung mengembangkannya sehingga bisa dipergunakan juga untuk manusia.

Setelah melalui proses uji coba di sebuah ruangan, akhirnya Zerocov resmi diperkenalkan oleh BRIN dan mendapatkan surat izin dari Kementerian Kesehatan.(Hs.Foto.Kombik Kemenparekraf)

Related posts