Mengenal Spirit Doll yang Tengah Digandrungi Selebritis Tanah Air

Belakangan ini banyak sekali selebritis tanah air yang memiliki spirit doll atau boneka spirit. Tak hanya mereka, anak muda pun banyak yang mengandrunginya.

Lantas apa sih yang dimaksud dengan spirit doll? Dilansir dari berbagai sumber, spirit doll atau yang dikenal dengan sebutan lainnya yakni boneka arwah dianggap sebagai boneka yang diisi arwah atau roh orang yang sudah meninggal. Mereka yang mengambil dan mengasuh boneka tersebut menyebut boneka tersebut sebagai anak adopsi mereka.

Karena kepercayaan bahwa boneka itu dimasuki roh atau arwah, mereka yang mengadopsi spirit doll memperlakukannya selayaknya anak asuh si pemilik. Ivan Gunawan, misalnya, dengan tegas mengatakan bahwa bayinya itu bukanlah boneka melainkan bayi hidup, yang diduga juga salah satu boneka arwah. Tidak hanya itu, para orang tua asuh spirit doll mengatakan bahwa boneka tersebut juga bisa meninggal.

Makin digandrunginya spirit doll membuat harganya melambung tinggi, dilansir dari situs marketplace harga boneka tersebut bisa mencapai 1 juta rupiah hingga puluhan juta tergantung dari jenis bonekanya.

Terkait hal tersebut, spesialis kedokteran jiwa dari Rumah Sakit EMC Alam Sutera, dr Andri, SpKJ, FAPM mengatakan, bahwa spirit doll menjadi fenomena yang sangat populer karena banyak selebritis yang memamerkannya di media sosial. Tak hanya itu kesukaan masyarakat Indonesia mengenai fenomena gaib, membuat boneka ini langsung viral ditengah masyarakat.

Menurut Andri, fenomena ini sah-sah saja terjadi dikarenakan tidak akan membahayakan pemiliknya. (Hs.Foto.Istimewa)


Related posts