Dari Jakarta ke Bandung Cuma Rp 17.000, Ini Caranya

Banyak hal yang harus siapkan jika ingin berpergian ke suatu tempat, mulai dari barang bawaan hingga biaya transportasi yang selalu menjadi perhitungan. Apalagi bagi anak muda yang suka traveling dengan kantong mahasiswa atau mereka yang ingin bepergian dengan biaya yang minim.

Tulisan ini akan membahas perjalan dari Jakarta ke Bandung hanya dengan biaya Rp 17.000 menggunakan kereta. Harga ini jauh lebih murah dibandingkan menggunakan Kereta Api antar kota dari Stasiun Gambir (Jakarta) ke Stasiun Bandung yang harganya berkisar Rp 250.000 hingga Rp 115.000. Lah kok bisa dari harga ratusan ribu jadi puluhan ribu? Penasaran kan?

Kamu harus memanfaatkan berbagai transportasi umum terkhusus kereta yang ada, yaitu KRL Commuter Line dan Kereta Api Lokal. Pertama-tama kamu bisa ke stasiun terdekat dari tempat kamu berada, kemudian naik KRL Comuterline tujuan Stasiun Cikarang dengan biaya Rp 5.000. Usahakan sampai di Stasiun Cikarang sebelum pukul 15:35 WIB.

Tiba di Stasiun Cikarang, pergilah ke loket pembelian KA Lokal tujuan Cikarang – Purwakarta, jadwal kereta pukul 15:35 WIB, dengan biaya Rp 4.000. Jangan lupa siapkan KTP ya.

Setelah itu, tiba di Stasiun Purwakarta pukul 17:06 WIB, siap-siap beli tiket kereta lagi tujuan Stasiun Bandung ke loket KA Lokal, jadwal keberangkatan pukul 17:35 dan sampai di Stasiun Bandung pukul 20:05 WIB, dengan biaya Rp 8.000.

Perlu diingat, untuk mendapatkan harga yang murah dari Jakarta ke Bandung maka dibutuhkan usaha yang lebih dan juga sabar saat di perjalanan, sebab kamu akan menaiki tiga kereta dengan jadwal yang sudah ditentukan. Jadwal juga harus diperhatikan jangan sampai ketinggalan kereta.

Untuk mengetahui jadwal lain KA Lokal Cikarang – Purwakarta, dan Purwakarta – Bandung, kamu bisa cek jadwal dan pemesanan tiket melalui Aplikasi KAI Access. (Dw.foto.dok.KAI)

Related posts