Menparekraf Berharap Wisata Tobasa Bangkit pasca renovasi Adian Nalambok

TobaSamosir,Gpriority-Baru-baru ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) melakukan renovasi spot wisata Adian Nalambok.

” Dengan direnovasinya spot wisata Adian Nalambok, Kemenparekraf berharap bisa menjadi momentum kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di sekitar kawasan destinasi super prioritas (DSP) Danau Toba, khususnya di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa),” ucap Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno saat melakukan kunjungan kerja ke Danau Toba, Jumat (19/2/2021).

Lebih lanjut dikatakan Sandiaga Uno, yang membuat Kemenparekraf yakin Adian Nalambok yang terletak di Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara bisa menjadi momentum kebangkitan wisata di Tobasa adalah pemandangan yang sangat indah.

Tak hanya itu karena terletak di punggungan bukit di antara Parapat menuju Balige, Adian Nalambok menjadi salah satu spot terbaik untuk menikmati keindahan Danau Toba.

Sandiaga mengatakan renovasi ini merupakan salah satu langkah quick win untuk memulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di tanah air, khususnya di Kabupaten Toba Samosir. Terutama untuk membuka lapangan kerja bagi masyarakat sekitar.

“Tempat ini sudutnya sempit, tapi kita bisa melihat keindahan Danau Toba dan menjadi salah satu bentuk bagaimana kita bisa kerja cepat membuka lapangan kerja seluas-luasnya, sebesar-besarnya untuk masyarakat di Kecamatan tampahan di Kabupaten Toba Samosir,” kata Sandiaga.

Sandiaga mengungkapkan renovasi ini terwujud berkat kolaborasi antara Kemenparekraf/Baparekraf, Pemerintah Kabupaten Toba Samosir, Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN), serta masyarakat setempat dan pemilik Adian Nalambok. Renovasi ditargetkan rampung pada bulan Maret mendatang.

Renovasi yang dilakukan diantaranya pemugaran bangunan, pembangunan lahan parkir, juga taman bunga di pinggir jurang.

“Mudah-mudahan secara resmi Bulan Maret kita akan kembali ke sini bersama Pak Bupati Toba Samosir, kita akan resmikan sebagai karya sumbangsih kita untuk destinasi wisata dan ekonomi kreatif. Jadi di sini bukan hanya kita bisa berwisata saat kondisi sudah memungkinkan, tapi kita juga bisa menikmati produk ekonomi kreatif di sini,” katanya.

Sandiaga juga menyebutkan ia akan sering berkunjung ke Danau Toba. Karena menurutnya, masih banyak potensi kearifan lokal dan tradisi budaya yang perlu digali di DSP Danau Toba.

“Selain mempromosikan, saya ingin membantu menarasikan kunjungan ke Danau Toba ini sebagai salah satu bagian daripada budaya dan membuka lapangan kerja sebesar-besarnya. Serta membangkitkan ekonomi kreatif dan memulihkan pariwisata untuk membangkitkan agenda pembangunan kita,” ungkap Sandiaga.

Dalam kesempatan serupa, Sekretaris Daerah Kabupaten Toba Samosir, Audy Murphy Sitorus, mengapresiasi proses renovasi Adian Nalambok ini. “Kami berkeyakinan bahwa kunjungan Bapak ke sini akan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama kunjungan wisata ke Kabupaten Toba ini atau ke Danau Toba,” ungkap Murphy.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh salah seorang dari pemilik Adian Nalambok, Martua Simanjuntak. “Kami berdoa kepada Tuhan semoga Tuhan menyertai Bapak Menteri dan Pemerintah Toba Samosir dalam melaksanakan tugas di negara bangsa ini,” ucap Martua.

Dalam kunjungan ini, Sandiaga didampingi oleh Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf/Baparekraf, Hari Santosa Sungkari; serta Anggota Komisi III DPR RI, Hinca Panjaitan.

Selain itu, Sandiaga dan rombongan juga menyempatkan diri untuk menikmati suguhan kopi dan makanan ringan seperti pisang goreng, lapet, dan ombus-ombus. (Hs.Foto.Dok.Kombik Kemenparekraf)

Related posts