Menparekraf : #FestivalJoglosemar untuk Majukan artisan Indonesia

Magelang, Gpriority – Usai mengunjungi Salim Silver Jewelry, Menparekraf Sandiaga Uno bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan dan  didampingi oleh  Deputi Bidang Ekonomi Digital Dan Produk Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf Neil El Himam, Direktur Industri Kuliner, Kriya, Desain, dan Fesyen Kemenparekraf/Baparekraf Yuke Sri Rahayu, dan Direktur Utama Badan Otorita Borobudur Indah Juanita, melanjutkan kunjungan kerjanya dengan menghadiri #FestivalJoglosemar: Artisan of Java, yang dilakukan secara hybrid, di Lumbini Park, Taman Wisata Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Kamis (20/5/2021).

Dalam sambutannya,Sandiaga Salahuddin Uno, mengapresiasi sekali pelaksanaan #FestivalJoglosemar sebagai salah satu upaya mengembangkan dan memajukan artisan Indonesia, khususnya di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

“ Festival tersebut diinisiasi oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin), dalam mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI), yang lahir sesuai arahan Presiden Joko Widodo pada 14 Mei 2020. Pada momentum yang istimewa ini, saya ingin menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada sahabat saya, Menteri Perindustrian Bapak Agus Gumiwang Kartasasmita, yang telah menyelenggarakan acara puncak #FestivalJoglosemar hari ini. Saya berharap #FestivalJoglosemar akan mendukung para artisan Indonesia, khususnya dari area Jawa Tengah dan Yogyakarta untuk terus berkembang, saling menguatkan, dan terus mengedepankan strategi inovasi, adaptasi, dan kolaborasi,” ujar Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno juga mengajak seluruh masyarakat untuk tetap  menerapkan protokol kesehatan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environment Sustainability) dengan kesadaran tinggi, ketat, dan disiplin. Karena protokol kesehatan ini tidak hanya untuk melindungi diri sendiri, tetapi juga orang-orang yang ada di sekitar.

“Saya mengajak rekan-rekan semuanya untuk terus menerapkan protokol kesehatan secara disiplin dan ketat, dimanapun dan kapanpun kita berada. Mari bangkit disaat sulit, agar menang melawan COVID-19, Bangga Buatan Indonesia, together we can do it. Sekali lagi sukses untuk #FestivalJoglosemar. Mari maju bersama dengan Bangga Buatan Indonesia, sukses Kemenperin,” kata Sandi.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan menambahkan, sejak dimulainya program Gernas BBI pada Mei 2020 hingga April 2021, Pemerintah Indonesia  mencatat bahwa ada 5.714.631 unit UMKM yang masuk atau onboarding ke ekosistem digital. Dan ini merubah keadaan ekonomi tanah air, membut struktur back bone menguat karena peranan UMKM.

“Pemerintah akan terus mendorong artisan lokal naik kelas, masuk e-commerce dan meningkat penjualannya. Kita harus optimistis target pencapaian 30 juta UMKM onboarding pada 2023 dapat dicapai bersama, bahu-membahu dan terintegrasi,” tutupnya.(Hs.Foto.dok.Kombik Kemenparekraf)

 

Related posts