Menu Siap Saji, Pilihan Masyarakat Saat Ramadan di Parepare

PAREPARE, Gpriority — Hingga hari ke 17 Puasa Ramadan. 1442 Hijriah. Kamis, 29 April 2021. Sejumlah masyarakat masih memilih lapak lapak jualan Khas Ramadan di sejumlah Pasar tradisional dan ruas jalan strategis di Kota Parepare provinsi Sulawesi Selatan.

Salah satunya di sisi jalan Bau Massepe Kelurahan Sumpang Minangae Kecamatan Bacukiki Barat Kota Parepare, Puluhan lapak jualan masyarakat setempat berjejer menggelar aneka jenis takjil dan menu masakan siap saji saat buka puasa nantinya, itu dipilih karena sejumlah masyarakat lebih memilih menu siap saji saat Ramadhan, utamanya masyarakat Kantoran.

Beberapa jenis menu khas Ramadhan, seperti aneka Es buah, Gorengan, Kue basah dan beragam makanan dapur siap saji saat berbuka puasa nantinya.

Berikut Aneka makanan siap saji saat Ramadhan yang digemari warga di Parepare ;

1. Jalang Kote, Gorengan ini berupa, gorengan yang berisikan mie, telur, toge dan ubi, dibungkus adonan tepung dengan bentuk cetakan khas jalang Kote.

2. Pisang Ijo, Pisang Ijo salah satu jenis panganan berkuah yang banyak digemari saat Ramadhan, Pisang Ijo merupakan pisang (umumnya pisang Ambon) dibungkus dengan adonan tepung warna hijau, lalu disiram tepung cair yang sebelumnya dimasak dan disiram aneka Sirup dan Es, Pisang Ijo, biasanya disajikan 2 hingga 3 biji dalam satu kemasan siap saji.

3. Es Aneka Buah, Es buah sangat kental dengan nuansa Ramadhan, Es buah bisanya disajikan dalam wadah gelas saji, satu gelas Es buah biasanya terdiri dari beberapa jenis buah, seperti Nangka, Nenas, Pepaya dan Timun Suri, untuk menambah cita rasa, es buah juga kadang dilengkapi dengan potongan Nata Decoco dan agar agar.

4. Ikan Bakar, aneka ikan bakar, juga menjadi pilihan saat Ramadhan, jenis ikan bakar ini kebanyakan dari ikan Bandeng dan jenis ikan laut lainnya, setiap jenis ikan bakar disertai dengan bumbu yang disajikan perporsinya.

5. Aneka Sayur Masak, Sayuran juga menjadi pilihan warga saat Ramadhan, Sayur masak ini biasanya dari berbagai jenis, mulai dari daun Singkong, Nangka, Sop Kol dan Oseng, sayuran biasanya dikemas dalam wadah dengan harga mulai dari Rp.5000 / porsinya.

6. Palekko, Palekko merupakan jenis olahan makanan dari jenis daging, lasimnya dibuat dari daging Itik, Ayam dan jenis unggas lainnya,.Palekko berupa.masakan daging cincang diremas dengan asam Jawa, Cabe rawit, lalu dimasak hingga kering, Palekko dengan khasnya yang pedis, disajikan dalam wadah ukuran sedang (setara setengah liter)setiap kemasan dijual dengan harga Rp.10.000 hingga Rp.20.000/porsi. (AE)

Related posts