Musrenbang P-RPJMD Donggala Tajamkan Strategi Pembangunan

Donggala,Gpriority- Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah melaksanakan kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (P-RPJMD) Kabupaten Donggala Tahun 2019-2024.

Musrenbang tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Donggala Drs. Kasman Lassa, SH., MH, di Aula Kasiromu Kantor Bupati Donggala, Rabu (01/12/2021).

Tujuan dilaksanakannya Musrenbang P-RPJMD yaitu untuk penajaman, penyelesarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap tujuan serta sasaran, strategi arah kebijakan serta program pembangunan daerah yang telah dirumuskan dalam rancangan awal P-RPJMD Kabupaten Donggala 2019-2024.

Hal tersebut juga tercantum dalam Permendagri Nomor 86 Tahun 2017, khususnya pasal 64 yang mengamanatkan bahwa BAPPEDA melaksanakan dan mengkoordinasikan Musrenbang P-RPJMD yang dihadiri oleh Pemangku kepentingan untuk penajaman.

Kepala BAPPEDA, Dr. H. Muhammad Ali, S. Pd., M. M, dalam laporannya menyampaikan alasan Perubahan RPJMD dilakukan karena beberapa hal yaitu tidak konsisten antara perencanaan dan realisasi capaian hasil pembangunan daerah, karena pandemi Covid-19 yang berpengaruh terhadap capaian pemerintah.

“Kedua hasil evaluasi terhadap capaian indikator kebijakan dari visi dan misi Bupati yang belum sesuai dengan harapan sebagai akibat kondisi perekonomian,” katanya.

Mengingat pentingnya pembahasan tersebut Bupati Kasman Lassa berharap, kepada Pimpinan OPD dapat mengikuti kegiatan Musrenbang P-RPJMD, dengan baik serta melibatkan aparat perencanaan setiap OPD, agar dapat memahami dengan baik proses perencanan secara sinergi.
“Semoga pelaksanaan kegiatan ini, berjalan lancar sesuai dengan harapan kita bersama dan semoga Allah SWT memberikan rahmat kepada kita semua dalam melaksanakan tugas dan pengabdian kepada bangsa dan negara tercinta,” tutupnya. (Dw.foto.dok.Humas Donggala)

Related posts