Noor

Noor merupakan istilah yang diangkat dalam pameran tunggal  seni rupa abstrak yang digelar Baron Basuning di Galeri Nasional, Gambir pada 8 Januari hingga 8 Februari 2019.

Dijelaskan oleh Baron dalam presstour yang diadakan sebelum pembukaan pameran (8/1), Noor diangkat sebagai tema dikarenakan 38 karya yang ditampilkan sebagian besar terinspirasi dari cahaya.

Mengenai cahaya sendiri, Baron menjelaskan bahwa dalam agama islam, “ Sang Ilahi” dinyatakan sebagai sesuatu yang Nir-Rupa, abstrak ataupun tanpa figur, namun dapat diartikan sebagai puncak dari segala cahaya.

Dalam karya-karyanya Baron menggoreskan eufemisme dari keprihatinan, kegelisahan, kegembiraan, kebahagiaan, dan cinta yang dapat dinikmati oleh pencinta seni. “Karya-karya ini adalah perpaduan pengalaman batin dan ingatan kuat akan tempat-tempat yang pernah dikunjungi,” kata Baron. Dia berharap, karya-karyanya dapat membawa ketenangan bagi para penikmatnya.

Karya-karya yang dipamerkan antara lain Beyond (akrilik pada kanvas, 90x160cm, 2018), Lukisan Malam (akrilik pada kanvas 240x200cm, 2018), Angel (akrilik pada kanvas 200x240cm), dan Balance (akrilik pada kanvas, 360x240cm, 2018) dan sebagainya. (Hs.Foto:Hs)

Related posts

Leave a Comment