Pamer di Paris, Arrmanatha Nasir Yakin Ekonomi Indonesia Bisa Tumbuh dan Kembali Tangguh

Paris,Gpriority-“Indonesia tidak hanya kaya akan keanekaragaman hayati namun juga dipenuhi dengan bakat dan talenta yang modern dan inovatif dalam berkreasi,” demikian disampaikan Duta Besar RI Paris, Arrmanatha Nasir pada acara pembukaan Merci Beyond Bali, 23 Juli 2021, di sebuah toko konsep Merci di Paris.

Selama satu bulan penuh, produk kreatif Indonesia akan mengisi saung-saung dan rak toko Merci di tengah kota Paris. Hadirnya produk produk Indonesia di Merci menunjukan, meskipun di tengah pandemi COVID-19, masyarakat Indonesia yang tangguh terus berkarya, untuk tumbuh dan pulih dari dampak pandemi.

Merci Beyond Bali tidak saja bertujuan untuk mempromosikan produk-produk kreatif Indonesia, namun juga membawa pengalaman mengunjungi Indonesia ke Paris. Sebelum adanya pandemi Covid-19, jumlah wisatawan Prancis ke Indonesia mencapai sekitar 285 ribu orang, sehingga melalui promosi produk kreatif Indonesia “Merci Beyond Bali” dari tanggal 21 Juli hingga 22 Agustus 2021, masyarakat Paris dapat sedikit mengobati rasa kangen wisata ke Indonesia. “Merci Beyond Bali hadir mengobati rindu masyarakat Prancis yang tidak dapat berlibur menikmati keindahan budaya Indonesia dan hijaunya pemandangan di Zamrud Khatulistiwa, akibat pandemi COVID-19,” sebut Dubes RI.

Promosi Merci Beyond Bali yang rencana awal dilakukan tahun 2020, tahun ini diselenggarakan dalam rangka menyambut bulan kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76. Lobby utama toko Merci di tranformasi secara istimewa dalam dekor saung-saung di tengah pepohonan hijau dan sawah yang berundak-undak seperti di Bali. Masing-masing saung menampilkan berbagai kekayaan kreativitas Indonesia yang disuguhkan oleh sekitar 28 brand dari Indonesia. Mulai dari produk fashion, busana, aksesoris dan pernak pernik, tas dan dompet, sampai dengan perabotan dan peralatan makan, semua bertuliskan “Made in Indonesia”. Produk-produk ini merupakan hasil kurasi toko Merci sendiri dan didatangkan dan dibeli Merci langsung dari Indonesia. Sejumlah barang pun sudah laku terjual di hari pertama promosi. “CEO Merci menyampaikan kepada saya bahwa akan melakukan re-order untuk beberapa produk karena sudah sold out,” tutur Dubes RI.

Untuk memperingati 76 tahun kemerdekaan Indonesia, toko Merci akan mendesign suatu kaos khusus untuk dijual secara eksklusif dan terbatas pada tanggal 17 Agustus 2021. “Walaupun design kaos masih di rahasiakan, CEO Merci memberi bocoran design yang dibuat diharapkan dapat memberi semangat untuk Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh,” sebut Dubes RI.

Acara pembukaan Merci Beyond Bali yang dihadiri mitra KBRI Paris dari kalangan pengusaha, desainer, budayawan, media Prancis dan Indonesia serta kalangan Pemerintah dan Parlemen Prancis. Acara dimeriahkan dengan penampilan Tari Bali dan Tari Burung Enggang Kalimantan, serta dilengkapi sajian kuliner khas Indonesia, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Sebelum memasuki toko, para tamu harus menunjukkan bukti vaksinasi lengkap (Health Pass) sesuai dengan kebijakan Pemerintah Prancis.

Rangkaian acara peringatan 76 tahun kemerdekaan Republik Indonesia akan berlanjut di toko Merci dengan Business Gathering, 28 Juli 2021, mengundang kehadiran komunitas bisnis Prancis. Acara ini juga akan menjadi kesempatan untuk mempromosikan komoditas kopi dan teh Indonesia. Selanjutnya, pada 29 Juli 2021, promosi kreativitas Indonesia dilaksanakan dalam demonstrasi pembuatan batik dimana peserta dapat mempraktekan sendiri secara langsung proses pembuatan batik. Kunjungan virtual masyarakat Prancis ke Indonesia juga diwujudkan dalam pameran foto-foto situs warisan budaya dunia yang berada di Indonesia. Dengan stimulasi virtual ini, masyarakat Prancis pengunjung pameran diharapkan terpicu rasa ingin tahunya lebih lanjut mengenai Indonesia, dan ketika waktunya tiba, untuk datang mengunjungi dan menikmati keindahan Indonesia secara langsung.

Kolaborasi dengan toko, designer, restoran, atau fashion house yang mengerti pasar dan consumer base di Prancis menjadi strategi utama KBRI Prancis dalam mempromosikan produk kreatif Indonesia. Dalam satu tahun terakhir KBRI Paris telah berkolaborasi antara lain dengan Merci, Christian Dior, My Little Warung, dan Ithemba untuk mempromosikan berbagai produk Indonesia. Mekanisme kerja sama memberikan keleluasaan bagi partner di Prancis untuk melakukan kurasi dan secara langsung membeli dan mengurus semua proses impor dari Indonesia.

Toko Merci adalah sebuah concept store yang didirikan sejak Maret 2009 di tengah kota Paris, yaitu di daerah Haut-Marais. Toko Merci menjadi tempat penjualan berbagai produk desain, fashion, dan peralatan rumah tangga berkualitas premium. Setiap tahun, toko Merci dikunjungi sekitar 1,5 juta pengunjung. Di media sosial Instagram, @merciparis memiliki lebih dari 406 ribu followers, dan postingan toko Merci selalu banyak mendapatkan ribuan likes.(Hs.Foto.dok.Kombik Kemenparekraf)

Related posts